Home / Sumsel / Sumsel Rintis Transportasi Berstandar Internasional

Sumsel Rintis Transportasi Berstandar Internasional

# Gubernur: Perpres LRT Selesai Minggu Depan

 Palembang, BP

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menargetkan dua tahun kedepan seluruh moda transportasi di Sumsel berstandar internasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur saat peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2015 di Venue Menembak Jakabaring Sport City (JSC), Kamis (17/9).

Alex menjelaskan, waktu dua tahun adalah saat Sumsel berbenah dan meningkatkan kualitas demi menjadi tuan rumah Asian Games XVII 2018 yang baik bagi seluruh atlet dan tamu.

“Semua sektor moda baik darat, laut dan udara akan jadi prioritas. Target ini perlu dukungan penuh dari Dinas Perhubungan provinsi maupun kabupaten/kota agar mampu mewujudkan transportasi yang aman dan lancar,” tuturnya.

Transportasi berkelas dunia ini diperlukan untuk mobilitas para atlet, tamu, dan official untuk menuju arena pertandingan. Khusus Palembang sebagai pusat penyelenggaraan Asian Games, Pemprov siap membangun beberapa infrastruktur serta sarana dan prasarana penunjang.

Seperti moda transportasi darat, Jembatan Musi IV dan Musi VI, flyover dan underpass, Tol Palindera, rel kereta api double track, dan juga mengembangkan fasilitas bandara.

“Light Rail Transit atau LRT seperti di Jakarta akan dibangun di Palembang. Insya Allah perpres keluar minggu depan,” ungkap Alex.

Sumsel pun melakukan perluasan bandara Angkasa Pura II dengan memperluas apron, sehingga bisa menampung 18 pesawat yang sebelumnya hanya bisa menampung 10 pesawat dengan tipe boeing 737-900 ER.

Untuk meningkatkan sarana dan prasarana moda transportasi sungai dan laut, pihaknya melakukan perluasan kawasan pelabuhan dan dermaga di Tanjung Api-Api.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel Nasrun Umar mengatakan, segala proyek pembangunan infrastruktur penunjang transportasi akan dikebut penyelesaiannya sebelum Asian Games.

“Pembangunan LRT menggunakan dana APBN lebih dari Rp7 triliun, dengan dana Rp300 miliar per km-nya. Kereta cepat ini menghubungkan Bandara SMB II, Masjid Agung sampai Jakabaring,”ucap Nasrun.

Sementara dalam perayaan Harhubnas 2015  kemarin, diisi oleh beberapa kegiatan spektakuler mulai berbagai lomba untuk pegawai PNS dan mitra kerja Dishub serta pertunjukan aeromodeling dan jet sky di danau JSC.

Dalam peringatan Harhubnas tahun ini, Dishubkominfo Sumsel juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pegawai dan mitra kerja yang berprestasi.

“Kami berharap kedepan mereka dapat kembali menunjukan kinerja terbaik juga mendorong insan transportasi lainnya supaya menuju peningkatan pelayanan dan keselamatan,” pungkasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...