Home / Headline / Pecandu Narkoba Jangan Takut Lapor BNN

Pecandu Narkoba Jangan Takut Lapor BNN

Palembang, BP
bnn2Keluarga maupun pecandu narkoba diingatkan untuk tidak ragu melapor ke Badan Narkotika Nasional (BNN) agar dapat direhabilitasi. Sebab, BNN menjamin bebas hukum bagi pengguna narkoba yang melaporkan diri.
Demikian dikatakan Marwan Hidayat, Penyuluh Ahli Muda Narkoba BNN Sumatera Selatan,  Jumat (18/9).
“Pelaporan ini merupakan upaya menurunkan jumlah pengguna narkoba dan telah dijamin serta diatur dalam ketentuan BNN,” kata dia.
Marwan menjelaskan, dengan laporan yang diberikan, para korban akan direhabilitasi hingga sembuh, tanpa dipenjara. Hal ini sesuai dengan ketentuan Undang Undang (UU) No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
Disebutkan setiap pengguna narkoba yang melaporkan diri ke BNN untuk direhabilitasi, maka terhadapnya tak akan dijerat hukum.
“Jadi kegiatan rehab ini bertujuan untuk membebaskan pecandu dari ketergantungan narkotika. Sudah seharusnya tidak perluusah takut. Akan kita bina agar lepas dari ketergantungan,” jelasnya.
Proses melaporkan diri ini disebut wajib lapor yang diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Pecandu Narkotika.
Dalam PP tersebut dijelaskan, wajib lapor adalah kegiatan melaporkan diri yang dilakukan pecandu Narkotika yang sudah cukup umur atau keluarganya, dan atau orang tua atau wali dari pecandu Narkotika yang belum cukup umur kepada institusi penerima wajib lapor untuk mendapatkan pengobatan dan atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. #osk

x

Jangan Lewatkan

Program 10 Ribu Kartu BPJS, Walikota Pangkalpinang Kembali Raih Penghargaan

# Untuk Ketiga Kalinya Palembang, BP Upaya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat kota Pangkalpinang melalui berbagai program salah satunya program ...