Home / Sumsel / Palembang Panen 4 Ton Padi

Palembang Panen 4 Ton Padi

Palembang, BP

Penanaman padi yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani Sumber Makmur, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju berhasil menghasilkan panen raya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ucok Hidayat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan perwakilan Komisi IV DPR RI Syofwatilah Mohzaib yang didaulat melakukan kegiatan panen raya perdana tersebut

Ucok mengatakan, Panen raya yang dilaksanakan di atas lahan 107 hektar ini merupakan salah satu bentuk optimalisasi lahan pertanian di Kota Palembang. Meski Palembang gencar dalam melakukan pembangunan infrastruktur perkotaan, 6.000 hektar lahan pertanian padi di beberapa kecamataan di Kota Palembang perlu dimanfaatkan.

“Palembang memang kota. Namun di sini masih banyak lahan irigasi lebak, yang dapat dimanfaatkan untuk lahan pertanian padi untuk dua kali musim tanam,” ujarnya usai panen.

Pihaknya pun berharap seluruh lahan pertanian di Kota Palembang dapat produksi dengan maksimal. Pemerintah pun terus berupaya dalam membantu pengoptimalan lahan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, panen pertanian padi Palembang tahun ini tidak terpengaruh musim kemarau yang terjadi.

Masa panen padi tepat waktu. Karena masa tanam padi lebak dasar biasanya pada April. Harrey memperkirakan hasil panen yang dilaksanakan kemarin lebih dari 4 ton.

Dirinya mengklaim bahwa kualitas beras Palembang tidak kalah dengan daerah lain karena menggunakan bibit unggul. Saat ini, hampir seluruh lahan pertanian di beberapa kecamatan menggunakan lahan pertanian jenis lebak.

“Lahannya tersebar di beberapa lokasi, di antaranya di Gandus, Kalidoni, Sematang Borang, Kertapati, Plaju dan Kecamatan Ilir Timur II dengan luas total sekitar 6.000 hektare,” jelasnya

Namun saat ini pihaknya belum dapat memastikan angka kecukupan kebutuhan beras di Kota Palembang karena masih menunggu hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS).

“Yang jelas, lebih dari separuh beras yang dihasilkan, mencukupi kebutuhan beras masyarakat. Kita berupaya mempertahankan 6.000 hektar lahan yang sekarang itu untuk menambah kecukupan kebutuhan beras di Kota Palembang,” tandasnya.

Dalam panen raya ini pun dilangsungkan penyerahan sejumlah bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat seperti traktor tangan, dan power traktor. Pemko Palembang pun memberikan bantuan berupa mesin pompa. #idz

 

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...