Home / Headline / Gubernur Kirim Heli Padamkan Kebakaran Hutan Dempo

Gubernur Kirim Heli Padamkan Kebakaran Hutan Dempo


Palembang, BP

20150917_110649-01Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin telah mengirim helikopter MI8 untuk melakukan waterbombing, menyusul peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Gunung Dempo, Kota Pagaralam.

Tim pemadam dan peralatan pun terus dikerahkan guna memudahkan proses pemadaman di puncak gunung yang sulit dijangkau tersebut. “Setelah mendapatkan laporan, pagi tadi (kemarin-red) sudah kita kirim helikopter MI8 untuk waterbombing,” ujarnya, Kamis (17/9)

Gubernur menuturkan, pemadaman yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat yang dibantu oleh anggota TNI telah melakukan tindakan menaklukkan api. Namun akibat angin yang cukup kencang, kebakaran jadi mengarah ke perkebunan dan menyebar ke seluruh penjuru.

Kondisi geografis yang berada di puncak gunung yang berbahaya, sulit dijangkau dan jauh dari sumber air yang berada di bawah, menyulitkan pemadaman melalui jalur darat. Dengan adanya bantuan darurat tersebut, Alex berharap kawasan Gunung Dempo yang hangus terbakar tak berpotensi semakin meluas.

Pemprov Sumsel pun siap membantu kembali apabila pemerintah Kota Pagaralam membutuhkan. Pihaknya pun akan meminta bantuan pemerintah pusat bila diperlukan agar proses pemadaman berlangsung maksimal.

Titik api per 16 September turun drastis dibandingkan hari-hari sebelumnya berdasarkan pantauan satelit NOAA18, terpantau empat titik api di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sedangkan menurut pantauan Aqua/Terra MODIS, total titik api mencapai 20 titik. Dengan rincian satu di Banyuasin, Empat Lawang, dan OKU, serta 17 di Ogan Komering Ilir17

Jumlah ini menurun drastis dari hari sebelumnya, 15 September yakni 425 titik panas. Dengan rincian satu di Musiratara serta OKU Timur, dua di Lahat, empat Musirawas serta Ogan Ilir, lima di OKU, enam di OKU Selatan, 10 di Muaraenim, 29 di Banyuasin, 166 di OKI, dan 197 titik api di Muba.

Gubernur pun telah menegaskan bahwa izin perusahaan terbukti melanggar aturan atau lalai dalam kebakaran lahan akan dicabut. Sementara pemiliknya masuk daftar hitam hingga tak dapat lagi membuka usaha yang serupa.

“Dicabut izinnya dan pemiliknya diberikan blacklist. Nama direksi dan pemilik dicantumkan, jadi dia tidak bisa buka usaha yang sama,” katanya. Alex membantah kalau asap Sumsel sudah menyebrang ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dia juga enggan menyalahkan daerah lain yang juga memproduksi asap dan meminta agar tidak saling menyalahkan dalam situasi ini.

“Saya cuma ingin mengajak agar seluruh daerah yang memproduksi asap tak saling menyalahkan. Ini masalah kita bersama, lebih baik kita fokus mencari solusi bagaimana segera memadamkan, supaya bencana cepat berhenti,” harapnya.

Satuan Tugas (Satgas) Siaga Darurat Bencana Asap Karhutlah di Sumsel yang terdiri dari TNI/ POLRI dan Manggala Agni terus melakukan upaya pemadaman api melalui jalur darat hingga hari ini.

Pemadaman api jalur darat dan patroli pencarian titik api sebagian besar masih berpusat di wilayah Kabupaten OKI dan MUBA, dengan mengerahkan 356 satgas di Kabupaten MUBA, dan 700 lebih satgas di Kabupaten OKI.

Selain pemadaman melalui jalur darat, juga dilakukan upaya pemadaman melalui jalur udara (waterbombing) dengan mengerahkan beberapa helikopter dan pesawat.

Yaitu Heli MI-8 UR dengan kapasitas bombing 4.000 Liter, Heli MI-171 UR CMT dengan kapasitas 4.000 liter, Heli Bell 214b P2-MBH kapasitas 3.000, dan pesawat Air Tractor dengan kapasitas 3.000 Liter.

Selain itu, Upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) juga terus dilakukan menggunakan Pesawat CN 212 Pelita Air.

Pemadaman Terus Dilakukan

Prajurit TNI Angkatan Darat jajaran Kodim 0405 Kabupaten Lahat terus berupaya memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo, Kota Pagaralam.

“Kami dibantu anggota Polri dan BPBD setempat dalam memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Dempo,”  kata Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Dedi S.

Lokasi kebakaran sulit dipadamkan karena medan yang cukup berat, apalagi peralatan yang digunakan masih manual. Namun jajarannya terus berupaya agar api benar-benar padam dan kebakaran hutan tidak meluas. Dua heli bom air yang  terus membantu dari udara memadamkan titik api di wilayah yang terbakar, dengan harapan api segera padam.

Kepala BPBD Sumsel Yulizar Dinoto memastikan dua helikopter telah di kirim ke Gunung Dempo untuk memadamkan api. #idz/osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Masyarakat Gandus dan Pulokerto Perlu Perbaikan Jalan

Palembang, BP   Anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) dapil I kota Palembang, Kartak Sas mengatakan, jalan mulai kawasan Musi II ...