Home / Headline / 1.600 Data DPS PALI Tanpa Jenis Kelamin

1.600 Data DPS PALI Tanpa Jenis Kelamin

Palembang, BP
henny-susantih-spd-msiKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mengungkapkan, KPU Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan sekitar 1.600 data pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) tanpa dilengkapi jenis kelamin.
    Komisioner KPU Sumsel Heni Susantih mengatakan, KPU Sumsel meminta kepada jajarannya KPU PALI untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan kejelasan jenis kelami pada data tersebut.
“Di PALI, ditemukan jenis kelaminnya invalid mencapai 1.600,” ujar Heni, Jumat  (18/9).
Menurut Heni, jenis kelamin invalid tersebut diduga ada kesalahan dari petugas di bawah yang tidak mencatatkan jenis kelamin pemilih tersebut.
“Ini kita lagi telusuri, di sini nihil jenis kelamin maksudnya, jenis kelamin pemilih tidak diisi oleh petugas di bawah. Nanti jika dibiarkan, akan jadi masalah ke depan, makanya kita antisipasi sejak awal, sebelum menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap),” katanya.
Selain jenis kelamin, Heni juga menambahkan, jajarannya masih menemukan data pemilih dengan NIK tidak valid. Selain NIK yang tidak valid, masih ditemukan elemen identitas lain yang tidak lengkap. Elemen tersebut adalah alamat, tanggal lahir, dan status pernikahan.
“Pokoknya teman-teman di bawah dan (KPU Kabupaten) di daerah sedang melakukan penyempurnaan terakhir sebelum menjadi DPT. Nanti (penyempurnaan dilakukan) secara bergelombang hingga ke tingkat kabupaten,” kata  Heni.
Sementara anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel Kurniawan belum bisa memastikan hal tersebut, dan menyerahkan sepenuhnya ke Panwaslih setempat untuk mencermatinya agar bisa jadi rekomendasi KPU untuk perbaikan. #osk
x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...