Home / Pendidikan / Jangan Ada Dualisme Kurikulum

Jangan Ada Dualisme Kurikulum

Palembang, BP

Menindaklanjuti adanya penerapan Kurikulum K19 2013 yang akan mulai digulirkan mulai 2019 mendatang, ratusan kepala sekolah dan pengawas menjalani pelatihan kurikullum tersebut.

“Kita akan mempertanyakan kepada Pemerintah tentang kurikulum dualisme ini. Jadi jangan ada dualisme kurikulum apakah tahun pakai 2013 atau 2006,” ujar Kadisdikpora Palembang Ahmad Yulinto, di sela-sela pembukaan pelatihan di SMA N1 Palembang, Kamis (17/9).

Pelatihan ini dikatakan Zulinto, juga bertujuan agar seluruh jajaran kepala sekolah dan pengawas serta pada gilirannya nanti disampaikan kepada para guru untuk menyamakan persepsi tentang kurikulum yang akan dijalankan awal 2019 mendatang.

“Artinya, kali ini kita menginginkan penerapan kurikulum 2013 dan kali ini kita samakan dulu persepsi dari kepala sekolah dan pengawas, kemudian nanti juga guru,” ujar Zulinto.

Pelatihan yang digelar di Aula SMA N1 Palembang merupakan kerja sama Pusat Pengembangan dan Pemberdayaam Pedidikan dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknologi bersama Dikti Palembang.

“Oleh karena itu kita berharap bahwa cukup satu saja kurikullum jadi pelatihan ini tentu lebih menekankan pada kurikullum 2013 dari sebelumnya ada kurikullum 2006,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan, bahwa pelatihan untuk kepala sekolah dan pengawas ini sangat baik dilakukan sehingga mampu memberi pemahaman akan penerapan kurikulum. Menurutnya, tanpa adanya pelatihan maka kurikulum tidak akan terarah.

“Kita sama-sama mengikuti pelatihan dan kebetulan pelatihan di Sekolah SMA N1 Palembang dan ini bersamaan harinya sehingga kita lakukan setelah selesai sholat Istisqa. Tentu ini sangat berkontribusi bagi pemahaman ilmu karena nantinya kurikulum sebagai pedoman arah belajar siswa,” ujarnya.

Kepala SMKN 3 Palembang Drs Hj Ernawati, MM , mengatakan, pelatihan kompetensi ini adalah terobosan yang baik, sehingga apa yang didapatkan dalam pelatihan ini kepala sekolah bisa memahami lebih dalam serta untuk meningkatkan kompetensi di sekolah.

“Ya, semoga apa yang di dapatkan di pelatihan tersebut bisa berguna untuk kemajuan sekolah di Kota Palembang,” tandasnya.

#sug

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...