Home / Pendidikan / Tes Masuk Unsri Tak Lagi Gratis

Tes Masuk Unsri Tak Lagi Gratis

Palembang, BP

imagesPembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaf mengatakan! belum mengetahui tentang kebijakan pemerintah yang mewajibkan pembayaran pada pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2016.

“Belum ada informasinya. Baru akan ada rapat forum panitia penyelenggara SNMPTN/SBMPTN lokal Se-Indonesia di Belitung, Sabtu nanti,” ucap Anis ditemui di Unsri Bukit Palembang, Rabu (16/9).

Rektor terpilih yang akan dilantik November mendatang ini menegaskan, keharusan untuk membayar atau tidak pada pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi memang kewenangan pusat.

Namun selama ini diakuinya SNMPTN memang disubsidi pemerintah. Begitu juga dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) sudah disubsidi meski calon peserta tetap membayar pendaftaran.

Dia menjelaskan, dari tiga jalur seleksi perguruan tinggi, SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan langsung oleh panitia pusat. Berbeda dengan Ujian Seleksi Masuk (USM) perguruan tinggi yang dikelola panitia lokal.

“Mungkin saja, pusat menarik subsidi biaya pendaftaran SNMPTN tahun depan dengan alasan anggaran,” katanya.

Bila kebijakan tersebut benar akan terlaksana, Anis berharap ada penekanan biaya yang ditetapkan. Jangan sampai calon mahasiswa tidak terlalu terbebani. Menurutnya, seharusnya tidak ada program komersil sebab seleksi ini bukan tes provit.

“Diharapkan hanya sebatas biaya standar operasional, tidak lebih,” pungkasnya.

#adk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

UIN Minta Alumni Segera Proses PIN di Kampus

Palembang, BP Berangkat dari berkembangnya isu mengenai alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang tak bisa mengikuti program ...