Home / Olahraga / Sumsel Boyong 11 Emas Kejurnas NPC

Sumsel Boyong 11 Emas Kejurnas NPC

Palembang, BP

Atlet Sumatera Selatan berhasil mendulang sebelas medali emas pada kejuaraan nasional pertama khusus atlet difabel, yang dipromotori oleh NPC Indonesia serta Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di Solo.

Tak hanya sebelas emas, sebanyak 19 atlet yang turun di lima cabang olahraga, juga menyumbang enam perak dan tujuh perunggu. Atas capaian tersebut, Sumsel berada di peringkat ketujuh.

“Luar biasa, dari 19 atlet yang diturunkan, kita berhasil mempersembahkan maksimal sebelas medali emas, enam perak, dan tujuh perunggu. Hari ini (kemarin-red) adalah hari terakhir kejuaraan,” ujar Rian Zauhari, Ketua NPC Sumsel, Rabu (16/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, medali Sumsel didapat dari cabang atletik sebanyak enam emas, enam perak, dan lima perunggu. Kemudian renang tiga emas, catur satu emas dan satu perunggu, angkat berat satu perunggu, serta tenis meja satu perunggu.

“Mudah-mudahan ini jadi motivasi untuk anak-anak agar lebih semangat saat tampil di Kejuaraan Papernas, November 2016 mendatang di Jawa Barat,” ujar Rian.

Jendy Panggabean, atlet renang Sumsel, meraih capaian memuaskan di kejurnas ini dengan tiga medali emas, masing-masing di nomor 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya punggung.

Toh, capaian tersebut belum membuatnya puas. Ia akan tetap berlatih serius untuk persiapan menghadapi Paralympic Pelajar Nasional Jawa Barat (Papernas Jabar) pada 2016.

“Alhamdulillah berhasil dapat emas. Meskipun cukup sulit. Sempat terbebani juga untuk tampil baik. Namun saya bisa mengatasi,” ucap pria kelahiran Sugiawaras 24 tahun silam ini.

Pemegang 4 rekor nasional dan 3 rekor Asean Paragames ini semula tidak ingin tampil habis-habisan di kejuaraan ini. Ia ingin menyimpan tenaga untuk Kejuaraan NPC Internasional di Singapura. Namun melihat lawan tampil ngotot, Jendy pun terpacu untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Hasilnya, ia sukses melampaui rekor lamanya.

“Awalnya saya persiapkan buat nanti di Singapura. Tapi kelepasan, karena terpancing ingin berbuat lebih. Alhamdulillah, saya bisa lebih cepat satu detik dari rekor lama yaitu 1 menit 06 detik, dan sekarang menjadi 1 menit 05 detik. Begitu juga di nomor 100 meter gaya kupu-kupu, sebelumnya 1 menit 22 detik menjadi 1 menit 11 detik,” ujarnya.

Dengan hasil ini, Jendy masih mencatatkan namanya sebagai pemegang empat rekor nasional di gaya 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya katak, dan 100 meter gaya punggung.

Kejurnas NPC diikuti 494 atlet dari 25 provinsi dengan mempertandingkan lima cabang olahraga. Even ini berlangsung sejak tanggal 13 September 2015. O sug

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...