Home / Hukum / Modus Investasi Usaha Merugi Rp250 Juta

Modus Investasi Usaha Merugi Rp250 Juta

Palembang, BP

BP/BELLY CASIO MELAPOR- Didampingi istrinya, Abdul Muhaimin (29) korban penipuan melapor ke Mapolresta Palembang, Rabu (16/9).

BP/BELLY CASIO
MELAPOR- Didampingi istrinya, Abdul Muhaimin (29) korban penipuan melapor ke Mapolresta Palembang, Rabu (16/9).

Sial dialami Abdul Muhaimin (29), warga Jalan Musi Raya Barat, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, Palembang. Dia menjadi korban penipuan salah satu kenalannya Erwin Pitriansyah (38), yang tercatat sebagai warga Jalan Letnan Hadin, Nomor 29, RT 05 RW 02, Kecamatan Ilir Timur I.

Akibatnya, Rp250 juta yang menjadi modal investasi miliknya pun dibawa kabur. Atas kejadian tersebut dirinya melapor ke Mapolresta Palembang. Kejadian naas itu berawal dari perkenalannya dengan pelaku dari kakak iparnya. Kemudian pelaku menawarkan kerja sama investasi bagi hasil di bidang jual beli minyak bumu CPO (ekspor minyak sawit) yang dalam perjanjian kerja sama tersebut harus menyediakan uang sebesar Rp250 juta.

Merasa tergiur dengan bisnis tersebut, korban kemudian menyanggupi nominal uang tersebut yang dibayarkan secara bertahap.

“Saya bela-belain datang dari Batam untuk menemui pelaku ini. Saya percaya saja karena yang mengenalkan adalah kakak ipar saya sendiri. Uangnya saya transfer enam kali melalui ATM,” katanya saat membuat laporan di Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu Mapolresta Palembang, Rabu (16/9).

Menurutnya, setelah uang tersebut di transfer, Abdul akan membuat surat perjanjian mengenai kerja sama yang disepakati keduanya. Namun apalah daya, ketika uang tersebut telah terbayarkan, pelaku sulit dihubungi dan di kediamannya pun ternyata tidak ada orang yang dimaksud.

“Di situlah saya baru sadar menjadi korban penipuan. Makanya melapor ke polisi dan berharap bisa menemui titik terang dari masalah saya ini,” harapnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Mapolresta Palembang Kompol Suryadi, SIK, melalui Kanit SPK, Iptu Cek Mantri membenarkan pihaknya telah menerima laporan korban dengan tanda bukti nomor LP/B-2041/IX/2015/Resta/Sumsel.

“Laporan sudah kita terima dan akan ditindaklanjuti. Pelaku, bisa dikenakan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” singkatnya.

Obel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

HDMY Serahkan SK DPP Hanura ke Hakim

Palembang, BP–Sidang lanjutan  gugatan perkara nomor 39/G/2018/PTUN.PLG yang diajukan pegiat demokrasi, RM Ishak Badaruddin, SM,HK melalui tim advokasinya dari kantor ...