Home / Headline / Krisis Keuangan, Penjual Hewan Kurban Sepi Pembeli

Krisis Keuangan, Penjual Hewan Kurban Sepi Pembeli

Inderalaya, BP

DSC_0539Gara-gara krisis keuangan dan ekonomi yang sulit, jelang H-8  Idul Adha, penjual hewan qurban di Kabupaten Ogan Ilir gigit jari lantaran sepi pembeli. Pasalnya, sejak membuka lapak penjualan dua minggu lalu, dari 10 stok sapi baru terjual dua ekor sapi, sedangkan penjualan kambing nihil.

Seperti yang dialami penjual Hewan Qurban disamping Rumah Makan Sederhana, Kelurahan Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, yang nama penjualnya Uju Zahri, warga Muara Penimbung.

“Dari sepuluh ekor sapi yang kita punya, baru dua ekor yang terjual, sedangkan kambing belum sama sekali. Ini jauh merosot dibandingkan tahun lalu, yang selama dua minggu, kita terjual 20 ekor sapi, dan 15 ekor kambing,” katanya, Rabu (16/9), kepada BeritaPagi.

Menurutnya soal harga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, yang rata-rata turun Rp1,5 juta perekor. “Kita jual harganya bervariasi mulai dari harga Rp12 juta hingga Rp18,5 juta per ekor. Kalau kambing paling mahal Rp3,5 juta,” ujarnya seraya mengaku sapi yang dijual adalah sapi lokal.

Pihaknya mengaku pesimis, sapi miliknya akan terjual semua. “Biasanya, pembeli dua minggu sebelum lebaran sudah banyak, sangat jarang pembeli membeli seminggu jelang lebaran,” jelasnya

Bukan hanya mengeluhkan penjualan hewannya tidak laku saja, bapak lima anak ini juga mengeluhkan sulitnya mencari pakan hewan kurban akibat musim kemarau yang berkepanjangan ini.

“Kalau dekat-dekat sini sudah tidak ada lagi rumput, semuanya kering dan banyak terbakar akibat musim kemarau. Jadi, kita ambil rumput di daerah pemulutan, tapi sudah tidak banyak lagi rumput disana, banyak terbakar juga,” katanya.

Untuk pencari pakan rumput sendiri, dirinya menerjunkan lima pekerja dengan memberi sebungkus nasi, rokok, dan minyak. “Gaji beda lagi, sepertinya rugi tahun ini. Tapi namanya mencari rezeki ya kita jalani saja. Mudah-mudahan Allah melimpahkan rezeki dan berkahnya,” ujarnya. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pertempuran Untuk Sumatra

PENAKLUKAN  Jepang atas Sumatera terjadi dalam dua fase: pada pertengahan Februari 1942 Sumatera Selatan , diikuti pada bulan Maret oleh ...