Home / Sumsel / Pagaralam / Kebakaran Gunung Dempo Makin Meluas

Kebakaran Gunung Dempo Makin Meluas

 

Pagaralam, BP
Kebakaran hutan di  Gunung Dempo yang terjadi sejak, Selasa (15/9) sekitar pukul 13.00, semakin meluas dan bahkan informasi terkini dua punggungan Dempo sudah habis terbakar. Kini api sudah mengarah ke puncak Dempo dan ke arah Tugu Rimau di ketinggian 1900 dpl.

Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi Ssos, didampingi Pabung 0405 Lahat Mayor Heribertus, Danramil Kota Pagaralam Kapten Inf H M Qodri dan Ketua Satgas BPBD Kusmi Effendi mengatakan, kebakaran semakin meluas, pihaknya bahkan sudah menarik anggota yang ada kembali ke posko induk di Tugu Rimau karena situasi angin yang sangat tidak menentu arah. Dikhawatirkan tim pemadam kebakaran terjebak di tengah-tengah kobaran api.

“Kita sudah tarik tim kembali ke posko induk di Tugu Rimau untuk melihat kondisi berikutnya,” terangnya seraya mengatakan arah angin yang tidak mendukung sangat membahayakan Tim yang akan melakukan pemadaman.

Saat ini api sudah meluas sampai dua punggungan gunung Dempo, bahkan diprediksi jika tidak turun hujan atau tidak dipadamkan dengan helikopter takutnya api akan memberangus puncak Dempo hingga sampai perkebunan teh yang ada di punggungan Gunung Dempo.

Sampai saat ini helikopter pemadam yang sudah diminta ke Palembang juga belum ada kejelasan datang atau tidak. Jika tetap menggunakan pemadaman manual akan memakan waktu lama dan cukup beresiko.  “Kita berharap helikopter yang bisa membawa air dapat segera datang sebelum hutan gunung Dempo benar-benar habis dilalap si jago merah,”ujarnya.

Sementara itu Dandim 0405 Lahat Letkol CZI Sri Hartono melalui  Pabung, Mayor Inf Herribertus didampingi Danramil Kota Pagaralam Kapten Inf M Khodri mengatakan, dari keterangan sejumlah pendaki yang turun ditemui di pintu Rimau, kebakaran lahan di Gunung Dempo terlihat di kawasan shelter  II. “Dari ketinggian sekitar 1.900 mdpl di Rimau lereng-lereng Dempo terlihat memerah. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun bisa saja akibat pembukaan lahan yang sengaja dibakar,” ujarnya seraya mengatakan, akan menerjunkan anggota bersiaga di kaki Dempo untuk melarang sementara masyarakat yang ingin mendaki gunung ini sampai benar-benar aman.  # dar

 

x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...