Home / Headline / Besok Pagi, 1.200 Pelajar Lakukan Sholat Istisqa

Besok Pagi, 1.200 Pelajar Lakukan Sholat Istisqa

Palembang, BP

IST/NET

IST/NET

Besok pagi, Kamis (17/9), sebanyak 1.200 pelajar dijadwalkan akan menggelar sholat Istisqa yang akan dipusatkan di SMA Negeri 1 Palembang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar Bumi Sriwijaya segara diturunkan hujan.

Berbagai macam usaha dilakukan untuk menanggulangi musibah kabut asap yang melanda sejumlah wilayah Sumsel belakangan ini. Bahkan sebelumnya di Palembang sendiri sempat libur selama tiga hari dan secara fakultatif siswa belajar di rumah.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang akhirnya mengeluarkan instruksi kepada seluruh Kepala SD, SMP, SMA, SMK baik negeri dan swasta, untuk melaksanakan sholat Istiqa secara berjamaah di sekolah masing-masing. Sedangkan untuk tingkat kota dipusatkan di SMAN 1 Palembang sekitar pukul 08.00.

Kepala Disdikpora Ahmad Zulinto mengatakan, agar pelaksanaan sholat sempurna, sebelumnya pihak sekolah bisa berkomunikasi dengan guru agama atau ulama, tentang tata cara pelaksanaan sholat istisqa ini.

“Disunahkan dalam keadaan puasa pada saat sholat istisqa ini. Dan kita harap agar seluruh sekolah kecuali non muslim melaksanakannya secara berjamaah,” ujar Ahmad Zulinto, Rabu (16/9).

Kata dia, instruksi ini diperuntukkan bagi sekolah yang memang belum melaksanakan sholat Istiqa ini. Zulinto berharap, para kepala sekolah dan guru mau membimbing siswanya. Tak hanya warga sekolah, jika ada masyarakat sekitar yang mau ikut juga boleh.

“Memang tidak ada sanksi berat bagi yang tidak melaksanakan. Namun kita ingin agar sekolah mau mendorong siswanya, ini juga akan mengajarkan anak-anak untuk senantiasa belajar dari musibah dan pandai bersyukur,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa sekolah telah melaksanakan sholat Istiqa. Salah satunya SMAN 5 Palembang yang digelar Rabu (16/9). Para siswa yang berjumlah 1.200 duduk bersama dengan beralaskan sebuah koran bekas yang ditumpuk dengan sajadah, di mana siswa laki laki menggunakan pakaian koko lengkap, sedangkan siswa perempuan memakai mukena untuk menggelar sholat di halaman sekolah.

Kepala SMKN 5 Palembang Drs H Zulfikri MPd mengatakan, tujuan pelaksanan kegiatan ini sebagai pemberian motivasi untuk peserta didik, terutama dalam memohon dan meminta kepada Allah SWT agar bisa memberikan rahmat nya melalui penurunan hujan.

“Melalui pelaksanaan sholat Istisqa ini pula bisa mendidik keimanan para siswa untuk mampu mendekati diri kepada tuhannya,” ujarnya.

#sug

 

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...