Home / Headline / Tahanan dan Polisi Bersitegang

Tahanan dan Polisi Bersitegang

 
Palembang, BP
RicuhTak senang saat keluarganya dicegah petugas untuk bertemu, Karta Wijaya alias Ken (41), salah satu tahanan Pengadilan Negeri (PN) Palembang, yang akan menjalani persidangan mengamuk, memaki serta menantang anggota polisi, Selasa (15/9).
Akibat ulah terdakwa kasus kepemilikan senjata api ilegal yang juga sempat melempar salah seorang anggota Unit Pam Obvit, Satuan Sabhara Polresta Palembang yang melakukan penjagaan dengan bungkusan berisi air minum ini, membuat suasana Pengadilan Negeri Palembang sempat memanas.
Serta memicu tahanan lain yang berada di dalam sel tahanan menjadi berteriak dan memaki petugas serta menarik besi pembatas sel tahanan dan mengakibatkan nyaris terjadi kerusuhan masal.
Namun setelah sekitar lima menit berlangsung, keributan akhirnya mereda setelah ditengahi serta ditenangkan oleh sejumlah petugas pengawalan tahanan dari Kejaksaan Negeri Palembang.
Kepala pengamanan dan pengawalan tahanan Kejari Palembang, Gunawan mengatakan kejadian ini disebabkan karena kesalahpahaman antara anggota kepolisian yang melakukan pengamanan dengan salah satu tahanan.
Awalnya ada salah seorang keluarga terdakwa yang ingin bertemu dengan terdakwa di dalam sel. Padahal saat itu memang tidak diperbolehkan, sebab bukan jam besuk. “Ini murni kesalahpahaman saja dan sudah bisa kita atasi,” ujarnya, usai keributan.
Sementara itu dari persidangan, Karta Wijaya yang mengaku bekerja sebagai petugas keamanan di Pasar Gubah, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil ditangkap aparat Polsek IB II Palembang karena membawa senjata api rakitan jenis revolver serta dua butir amunisi aktif.
Saat melintas di kawasan Jalan KI Gede Ing Suro, pada 23 Juni lalu itu didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) melanggar pasal 2 ayat (1) Undang undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api ilegal.
Serta di hadapan majelis hakim yang diketuai Charles Pasaribu, residivis kasus perampokan tahun 2000 ini membenarkan keterangan dua anggota polisi yang memberikan kesaksian di persidangan. #ris
x

Jangan Lewatkan

KPU Sumsel Terima Hasil Tes Kesehatan Jasmani, Rohani Dan Bebas Narkoba Calon Kepala Daerah

Palembang, BP Serah terima hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba bagi 39 bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala ...