Home / Hukum / Polisi Gelar Razia Kendaraan Bermotor

Polisi Gelar Razia Kendaraan Bermotor

Palembang, BP
Razia yang digelar kendaraan bermotor Polresta Palembang di Jalan Angkatan 45 depan Hotel Arista , Selasa (15/9), membuat  pengendara bermotor kocar kacir melarikan diri.
Bahkan, tak sedikit para remaja yang nekat memutar balik kendaraannya, melompati trotoar, dan menabrak kendaraan roda empat lantaran takut dengan hadangan petugas yang akan memeriksa kelengkapan kendaraannya.
Razia yang digelar pukul  10.00 berhasil mengamankan beberapa kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan bermotor.
Salah satu warga yang terkena  tilang, Erwin, mengaku dia dimintai uang tilang Rp50 ribu oleh polisi lalu lintas namun polisi itu menyerahkan sepeda motornya.
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Djarod Padakova mengatakan kalau razia ini rutin dilakukan pihaknya.
“Razianya tergantung pelaksanaan dari lantas  yang rawan pelanggaran,” katanya, Selasa (15/9).
Terhadap pelanggaran tersebut menurutnya harus diselesaikan di pengadilan. “Kalau ada petugas yang menyimpang laporkanlah ke Polda,” katanya.
Selama ini razia yang dilakukan pihaknya tidak ada keluhan dari masyarakat dan pihaknya berharap tidak ada.
“Masing-masing satwil ada jadwal razianya masing-masing,” katanya.
Sedangkan anggota DPRD Sumsel H Husni Thamrin menilai pelanggaran lalu lintas terjadi karena perilaku oknum masyarakat. “Razia yang dilakukan polisi adalah salah satu cara melakukan shock terapi kepada pelanggaran lalu lintas dan terjadwal terus, ” katanya.
Seharusnya menurutnya masyarakat jangan takut dengan razia kendaraan yang dilakukan polisi kalau masyarakat memiliki surat yang lengkap kenapa harus takut di razia polisi.
“Dengan cara konvensional dengan razia itu bagus namun jika memiliki kemampuan peralatan canggih bisa dipakai CCTV tapi itu harus ada kesadaran masyarakat yang tinggi,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sesjen MPR: GBHN Memperbaiki Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Jakarta, BP–Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menegaskan,  untuk memperbaiki sistem perencanaan pembangunan nasional  keberadaan haluan negara sangat penting. Sebab, ...