Home / Headline / KRSMA Akan Ajukan Gugatan Class Action ke Pemerintah Pusat

KRSMA Akan Ajukan Gugatan Class Action ke Pemerintah Pusat

 

Palembang, BP
IMG-20150915-02601 Puluhan warga yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Sumsel Menggugat Asap (KRSMA) berdemo di Halaman kantor DPRD Sumsel Selasa (15/9), sebelumnya massa menggelar aksi demo di halaman kantor Gubernur Sumsel.
Massa menyuarakan aksi atas kabut asap yang melanda Sumsel bahkan di Provinsi lainnya seperti Jambi dan Riau.
Para pendemo ini mengatakan kabut asap ini sudah sangat membahayakan masyarakat Sumsel.
“Kami minta pihak terkait menyelesaikan bencana asap akibat perusahaan  dalam waktu 14 X 24 jam, penegakan hukum bagi perusahaan yang melakukan pembakaran, tinjau ulang izin baru kawasan gambut , menyekat kanal-kanal yang dibuat perusahaan di lahan gambut agar gambut tetap basah , jika ini tidak dilakukan kami akan melakukan gugatan class action kepada pemerintah pusat,” kata koordinasi aksi , Capung.
Ketua Komisi V DPRD Sumsel Fahlevi Maizano didampingi Wakil Ketua Komisi V RA Anita Noeringhati dan anggota DPRD Sumsel lainnya Kemas Syaiful Fadli dan  Ardhani Awam kalau pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi terkait masalah asap di DPRD Sumsel.
“Asap ini rutun terjadi tiap tahun, ini bencana nasional, kami minta satgas menanggulangi asap ini , persoalannya kita lebih dari 1500 hektar lahan gambut di Sumsel itu jadi persoalan, kami minta pemda dan perusahaan membuat kanal blok di lahan gambutnya,” katanya.
Pihaknya  juga akan mengusulkan agar yang ditangkap bukan saja warga pembakar tetapi juga pemilik lahan.
Sedangkan RA Anita Noeringhati mengatakan kalau Sumsel mendapatkan imbas asap dari Jambi dan Riau.
“Kami dari DPRD Sumsel mengusulkan ada peraturan daerah dimana pemerintah daerah yang memiliki wilayah harus mempersiapkan sarana dan prasarana menanggulangi bencana asap, mari kita sama sama duduk bersama untuk memecahkan masalah ini dan siapa yang salah harus di tindak jangan tebang pilih,” katanya.
Dan pihaknya akan memantau perkembangan bencana asap melalui komisi terkait di DPRD Sumsel. #osk
x

Jangan Lewatkan

Sosialisasi Pilgub Sumsel Dan Pemilu, KPU Sumsel Libatkan Stekholder Terkait

Palembang, BP Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yaitu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 ...