Home / Sumsel / Hilal Tertutup Kabut Asap

Hilal Tertutup Kabut Asap

Palembang, BP
Pantauan yang dilakukan Tim Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Selatan gagal melihat hilal lewat peneropongan yang dilakukan di puncak Hotel Aryaduta Palembang, Minggu sore (12/9). Hilal terhalau kabut asap yang menyebabkan peneropongan berjarak pendek.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel H Hambali mengatakan, meski tim rukyat sudah menggunakan peralatan yang canggih namun hilal tetap tak berhasil dilhat akibat kondisi tebalnya kabut asap.

“Sebenarnya secara letak geografis wilayah Sumsel sangat tak memungkinkan untuk melihat hilal. Apalagi ditambah kondisi cuaca asap tebal seperti saat ini tentu semakin menyulitkan tim rukyat melihat hilal,” ujarnya usai peneropongan.

Pantauan dilakukan pada pukul 18.00.33 WIB saat matahari terbenam di Palembang sesuai intruksi Menteri Agama. Proses pemantauan sudah dilakukan di arah 3 derajat tepat 46 menit 31 detik dari titik barat ke utara.

Saat matahari terbenam, ketinggian hilal di Palembang nol derajat 33 menit 20 detik diatas ufuk mar’i dan hilal terbenam pada pukul 18.02.01 WIB. Pada titik dua derajat 20 menit 11 detik dari titik barat ke utara namun karena saat matahari terbenam asap terlihat cukup pekat sehingga rukhyat hilal tak berhasil dilihat.

“Kondisi seperti ini juga sudah terjadi seperti ditahun lalu, tapi tahun ini kabut asap lebih tebal sehingga hilal makin susah dilihat,”urainya.

Meski begitu, hasil pemantauan akan tetap dilaporkan ke Kemenag pusat. Menurutnya, observasi rukhyatul hilal sudah menjadi rutinitas dan syarat  dalam penentuan 1 Dzulhijjah setiap tahun hijriah.

“Hasil rukhyat dari setiap Kemenag Kanwil se-Indonesia akan dilaporkan semuanya ke Kemenag RI. Hal itu akan menjadi pertimbangan dan penetapan 1 Dzulhijjah 1436 H melalui disang itsbat,” tegasnya.

Menurut Hambali, berdasarkan kalender, Hari Raya Idul Adha jatuh pada 24 September mendatang. amun hal itu belum tentu sepenuhnya benar. “Hasil lebih tepat diketahui usai digelarnya sidang isbath,” pungkasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pengembang Indonesia Ramaikan Pasar Propeti di Sumsel

Palembang, BP Prospek pasar propeti di Sumatera Selatan semakin menarik. Sebab Pengembang Indonesia (PI) siap turut meramaikan pasar properti di ...