Home / Pendidikan / Tim Robotik MTs 1 Wakil Sumsel Tingkat Nasional

Tim Robotik MTs 1 Wakil Sumsel Tingkat Nasional

Palembang, BP

Tim Sains dan Teknologi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Palembang, kembali bertekad mengharumkan nama Sumatera Selatan (Sumsel) di tingkat nasional. Setelah menorehkan prestasi peringkat ke-6 dari 112 tim pada ajang Kontes robot S-Jawa Bali dan Sumatera, yang diadakan oleh taman pintar Yogyakarta Agustus lalu. Pada ajang tersebut Tim Robotik MTs Negeri 1 berhasil meluncurkan roket yang dibuat dari botol pepsi, infraboard sebagai sayap, dan tutup cleo sebagai nose dan bahan bakar roket tersebut adalah air.

“Pada roket yang dirancang tersebut dapat meluncurkan roket dengan jarak sasaran 70 meter dan diameter luncuran 2,60 dari titik sasaran. Adapun yang bertindak sebegai eksekutor peluncur adalah Syifa Kaila Amanda Raflessia siswi kelas VIII,” ujar Pembina club Sains dan Teknologi MTs.N. 1 Model Palembang Arma Rifia, SPd, MPd, saat ditemui di Kantor MTs Negeri 1, Jumat (11/9)

Dia menjelaskan, pada kompetisi roket se-Jawa, Bali dan Sumatera yang diadakan oleh tim Teman Pintar Jogyakarta tanggal 22 Agustus, diikuti oleh tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Palestina. Sedangkan Untuk Indonesia peserta yang ikut lomba robot berasal dari Provinsi Surabaya, Jakarta, Bandung, Makassar, Bali Nusa tenggara, Medan dan Palembang yang diwakili oleh MTsN 1.

“Atas prestasi yang diraih oleh para serta pada kontes pada ajang tersebut. Pihak taman pintar akan mengirimkan peserta yang berhasil meraih peringkat 1 sampai 6 ke tingkat nasional yang akan diadakan di Pusat peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP- Iptek) Jakarta pada bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Lanjutnya, kabar gembira tersebut baru diterima pembina sains kemarin, dan selanjutnya pihak MTs Negeri 1 telah mengirimkan data peserta. Sementara untuk mempersiapkan semua pembina akan melakukan pelatihan intensif sebagai tanda kesiapan tim MTs Negeri 1 untuk mengikuti ajang tersebut.

“Persiapan sengaja kami laksanakan sejak dini, agar lebih maksimal dan intensif agar tim Robotik MTs Negeri 1 Palembang bisa tampil dengan maksimal, serta bisa mengharumkan nama baik MTsN 1 Palembang khususnya Sumsel pada umumnya di tingkat internasional,” tuntasnya.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...