Home / Headline / Penyerapan Beras Bulog Sudah 105.000 Ton

Penyerapan Beras Bulog Sudah 105.000 Ton

Palembang, BP
DSC_0806Perum Bulog Divre Sumtera Selatan dan Bangka Belitung mengklaim bahwa capaian penyerapan beras untuk masyarakat miskin (raskin) hingga September tahun ini telah melampaui target. Dari target 90.000 ton,  raskin yang telah diterima Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 105.000 ton.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Miftahul Adha mengatakan, dengan capaian tersebut pemerintah pusat menargetkan serapan yang lebih besar lagi, yakni 242.000 ton. Pasalnya, Kementerian Koordinator Perekonomian berwacana akan mengucurkan beras bagi rakyat miskin (raskin) tambahan penyaluran ke-13 dan 14.

“Kita belum tahu kapan akan direalisasikan. Namun persediaan beras di gudang Bulog bisa mencukupi 8,5 bulan ke depan. Kami selalu siap apabila wacana tersebut direalisasikan. Sebab, stok tersedia cukup banyak,” tuturnya, Jumat (11/9).

Dalam satu bulan, raskin bisa terpakai sekitar 6.000-7.000 ton. Artinya, saat ini tersedia sebanyak 59.590 ton di gudang Bulog yang siap didistribusikan ke seluruh daerah di Sumsel kapan pun.

Diketahui, Menko Perekonomian Darmin Nasution mencetuskan pemberian raskin ke- 13 dan 14 karena kondisi masyarakat yang mengalami kekeringan. Pemerintah menyediakan dua bulan tambahan raskin dari yang seharusnya.

Disebut-sebut raskin tambahan tersebut rencananya akan dilakukan satu kali pada September dan sekali lagi pada November atau Desember 2015, dengan besaran yang sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Bulog Sumsel siap merealisasikan wacana tersebut sebab saat ini penyerapan beras masih didatangkan dari beberapa kabupaten/kota. Seperti OKI, OI, OKUT, OKU, OKUS, Banyuasin, Muba dan sebagainya.

Pihaknya tak yakin target tersebut bisa tercapai, sebab peperti panen raya sudah habis pada Juni lalu, dan panen gaduh akan habis pada Oktober ini.

“Target tambahan ini agak sulit. Ada beberapa kendala, seperti kekeringan yang terjadi di lahan pertanian yang menyebabkan gagal panen. Hal itu juga karena produktivitas dan panen serta adanya gangguan tanam lainnya. Namun kita akan mencoba maksimal,” ungkapnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Penanganan Banjir di Kota Palembang Harus Fokus

Palembang, BP Banjir yang di terjadi di kota Palembang beberapa hari yang lalu nampaknya tidak pernah tuntas dibenahi oleh Pemerintah ...