Home / Pendidikan / Dosen FE UTP Gelar Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Sako

Dosen FE UTP Gelar Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Sako

Palembang, BP

BP/RIZAL EFFENDI PENGABDIAN-Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang (UTP), melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Sako Baru, Jumat (11/9).

BP/RIZAL EFFENDI
PENGABDIAN-Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang (UTP), melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Sako Baru, Jumat (11/9).

Salah satu dari tiga pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian ke masyarakat. Berangkat dari dasar pemikiran itu, dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Tridinanti Palembang (UTP) melakukan pengabdian guna memberikan kontribusi positif ke masyarakat.

Sebanyak enam dosen Jurusan Manajemen dan Akuntansi UTP yakni Ima Andriyani, SE, Msi, Agung Anggoro Seto, SE, Msi, Frecilia Nanda Melvani, SE, MM, Dimas Pratama, SE, Royda, SE, Msi dan Dian Septianti, SE, MM, turun langsung memberikan pengabdian kepada sekitar 100 Ibu Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), di Kelurahan Sako Baru Kecamatan Sako Baru, Jumat siang (11/9). Kegiatan ini ternyata disambut positif masyarakat. Terbukti, banyak peserta yang hadir sehingga Kantor Lurah Sako Baru nyaris tidak muat. Beberapa warga bahkan harus rela berdiri di luar pintu.

Para Ibu TP PKK yang hadir tidak hanya dari Kelurahan Sako saja. Ada juga ibu TP PKK Kelurahan Sako, Kelurahan Sialang TP PKK dan ibu TP PKK tingkat Kecamatan Sako yang turut hadir.

Ketua Tim Dosen FE UTP Ima Andriyani, SE, Msi, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat selain pendidikan dan melakukan penelitian. Pengabdian masyarakat adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan para dosen muda.

“Tidak hanya pengabdian, ada juga pengajaran dan penelitian seperti jurnal yang kami jalani sebagai dosen di Universitas Tridinanti Palembang,” jelasnya di sela-sela pengabdian masyarakat itu.

Dalam pengabdian di Kelurahan Sako ini, para dosen memberikan pelatihan pembuatan pembukuan secara sederhana kepada Ibu TP PKK di Kecamatan Sako. Kata dia, pembukuan harus dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan robohnya usaha yang dibangun dengan susah payah. Dengan pembukuan, maka para Ibu PKK yang mungkin membuka usaha akan dapat mengetahui secepat mungkin keuntungan ataupun kerugian yang dialami.

“Keuangan pribadi dan usaha juga menjadi penekanan supaya dipisahkan agar lebih mudah menganalisa hasil usaha perusahaan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Sako Baru Palembang Wiwin mengatakan, PKK Kelurahan Sako Baru sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilakukan Universitas Tridinanti Palembang. Menurut dia, TP PKK Kelurahan Sako Baru memang selalu terbuka pada seluruh aktivitas positif. Sebelumnya, TP PKK Kelurahan Sako Baru, sempat menggelar kegiatan Peduli Kanker Payudara bekerja sama dengan Yayasan Keluarga Pengasih Indonesia (YKPI) pada 20 Mei.

“Tanggal 8 Juni kita lakukan pembentukan kelompok Tani Asri Raya di RT 18, lomba memasak dan lomba cerdas cermat dan lain sebagainya,” jelasnya.

Kini, Ibu TP PKK kembali mendapatkan pencerahan serta ilmu baru dari para dosen Universitas Tridinanti Palembang. Diharapkan dengan pelatihan ini bagi anggota TP PKK bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Ilmu kepemimpinan serta pengelolaan kwitansi diharapkan bisa diterapkan dalam organisasi TP PKK tingkat kelurahan dan kecamatan.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Sako Baru Yenni Uspiati. Menurutnya, kegiatan pengabdian dosen Universitas Tridinanti Palembang harus dapat dimaksimalkan. Para Ibu TP PKK harus bisa mengambil pelajaran dari materi yang disampaikan dan memetik pelajaran berharga.

“Tak banyak yang bisa kita sampaikan, kita ucapkan terima kasih telah bersedia memberikan materi buat para ibu PKK,” pungkasnya.

#zal

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...