Home / Sumsel / 500 Sipir se-ASEAN Adu Tangguh Olahraga

500 Sipir se-ASEAN Adu Tangguh Olahraga

Palembang, BP

Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga antar pegawai pemasyarakatan atau sipir di se-Asia Tenggara bertajuk Asean Prisons Track and Field Championships ke-19 tahun 2015, akhir November mendatang.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum & HAM RI Drs I Wayan Kusmiantha Dusak mengatakan, event ini akan dilaksanakan penuh di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Melalui ajang ini, akan dihadirkan sedikitnya 500 peserta yang berasal dari enam negara yang berkompetisi dalam 46 nomor atletik.

“Even dua tahunan ini sudah digelar sejak tahun 1980 lalu dengan tuan rumah sebelumnya Malaysia. Kami telah berkoordinasi terkait penggunaan Komplek olahraga JSC sebagai tempat pelaksanaan kegiatan untuk menyukseskan acara ini,” kata Kusmiantha usai menghadiri pertemuan dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Kamis (10/9).

Indonesia sendiri akan menurunkan sekira 100 atlet yang akan berkompetisi. Menurutnya, kompleks olahraga terpadu JSC di Palembang sangat mumpuni dan layak menyelenggarakan kegiatan olahraga internasional sekelas Asean Prisons Track and Field Championships ini.

Selain memiliki Komplek olahraga terlengkap, Provinsi Sumsel menurutnya juga telah dikenal memiliki segudang pengalaman sebagai tuan rumah penyelenggaraan event olahraga baik di tingkat Regional Maupun Internasional.

“Sengaja kita laksanakan kegiatan ini di Palembang dengan modal Jakabaring dan segudang pengalaman. Kita harapakan kegiatan ini dapat berjalan baik dan sukses,” ujjarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel sangat bangga karena Sumsel kembali mendapat kehormatan bisa menggelar ajang kompetisi olahraga internasional, dalam hal ini bagi para attet petugas Lembaga Pemasyarakatan tingkat Asean. Karenanya, Sumsel pun telah menyediakan sebanyak 18 Venue di JSC sebagai sarana pertandingan.

“Asean Prison Track and Field Champions sangat tepat dilaksanakan di Jakabaring. Para peserta juga dapat menginap di Wisma Atlet. Lokasinya terintegrasi tentu akan memudahkan peserta menjangkau langsung venue-venue olahraga yang akan di pertandingkan,” ujar Alex.

Menurut Gubernur, even olahraga ini akan menjadi kemeriahan tersendiri bagi warga kota Palembang termasuk sebagai sosialisasi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang.

“Kegiatan olahraga berskala nasional dan internasional akan rutin digelar di Sumsel. Perlu diketahui, Sumsel juga menjadi tuan rumah Asian Youth Olympic 2017 sebagai test event sebelum Asian Games 2018,” pungkas Alex. #idz

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...