Home / Headline / Romi Herton Titipkan Palembang ke Harno

Romi Herton Titipkan Palembang ke Harno

Palembang, BP

IMG-20150823-02275Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palembang H Harnojoyo dilantik menjadi Walikota Palembang definitif oleh Gubernur Sumsel di Bina Praja Pemprov Sumsel pada hari ini, Kamis (10/9) siang.

Penantian lebih dari satu tahun ini terbayar tuntas, tampak dari raut wajah Harnojoyo saat ditemui di kediamannya di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, Kecamatan Gandus, Palembang.

Kursi Palembang Satu yang akan ia duduki sudah di depan mata.

Alhamdulillah tadi saya ditelepon langsung oleh Kepala Biro Otonomi Daerah (Karo Otda) Pemprov Sumsel sekitar pukul 11.00,” kata Harno, Rabu(9/9).

Ditanya apa yang ia lakukan setelah mendapat kabar tersebut, Harno mengatakan dirinya sujud syukur dan memberitahu Romi Herton melalui sambungan telepon kepada sipir rumah tahanan.

Harno menjelaskan dirinya mengatakan kepada mantan Walikota Palembang yang mendekam di rutan Suka Miskin jika dirinya akan segera dilantik dan meminta doa.

“Pak Romi juga tidak banyak bicara, dia hanya menitipkan Palembang untuk dijaga baik-baik. Semua program yang telah kami susun bersama di awal kepemimpinan akan dilanjutkan demi mewujudkan Palembang EMAS 2018 mendatang,” ucapnya.

Harno mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dirinya dan keluarganya. Di kediamannya hanya akan menggelar yasinan, dengan mengundang tetangga terdekat dan anak yatim.

Dalam pelantikan nanti, selain didampingi istri dan ketiga anaknya, orangtua Harno dari Pagaralam pun akan turut mendampingi.

“Orangtua saya sekarang masih di jalan Besok mereka juga akan dampingi, karena pelantikan itu kan termasuk prosesi sakral,” katanya tersenyum lebar.

Soal Wakil Walikota dia menjelaskan, Harnojoyo masih enggan mengungkap siapa nama yang akan mendampinginya. “Kalau sudah sah ya, besok saya baru bicara Wawako,” ucapnya sambil tertawa.

Namun, meski dirinya memiliki pertimbangan dengan kriteria Wawako yang mendampinginya nanti. Dirinya tetap harus menerima usulan nama berdasarkan rekomendasi partai.

“Ya memang, 14 hari setelah dilantik harus sudah ada nama Wawako, tetapi hingga sekarang belum nama yang diajukan oleh partai. Jadi, ya tunggu saja dan belum ada kunjungan dari partai yang diterimanya datang ke rumah,” katanya.

Pantauan BeritaPagi, di Jl Merdeka Nomor 1 Palembang tidak ada agenda di luar kantor yang harus dihadiri Harnojoyo sejak pagi kemarin. Beberapa pejabat yang dijumpai di lingkungan Kantor Walikota pun mengaku tidak bertemu dengan Harnojoyo.

Ketika didatangi awak media di kediamannya, ternyata Harnojoyo berada di rumah dan tampak beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) duduk di teras belakang rumah. Kendati awak media sempat menunggu karena Harnojoyo sedang menerima tamu, setelah itu pun Harnojoyo langsung mengajak media untuk berbincang di teras belakang rumah. Bahkan dengan ramah dirinya menjawab sejumlah pertanyaan wartawan.

Tampak juga beberapa pekerja sedang memasang tenda di halaman rumah yang ternyata untuk dipersiapkan sejumlah kunjungan tamu usai pelantikan hari ini, sebagai pimpinan baru Kota Palembang.

Kendati sudah dipastikan akan dilantik, hingga siang kemarin Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengaku belum menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri terkait pelantikan tersebut.

“Kalau ado nian, kito lantik. SK aku cek dulu,” tuturnya kepada wartawan di Griya Agung.

Namun saat diajak berbincang lebih jauh, Alex terlepas bicara saat ditanyakan kapan waktu pelantikan. “Kenapa siang (pelantikannya-red), karena pagi padat oleh banyak acara. Insya Allah kalau sudah ada SK-nya, (Harno-red) langsung dilantik. Tapi percuma kalau SK ada, Harno dak galak dilantik. Yo dak pacak,” guraunya.

Dari agenda resmi yang dirilis oleh Biro Humas Protokol Setda Sumsel, tercatat bahwa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Walikota Palembang diselenggarakan di Graha Bina Praja Kantor GubernurSumsel pukul 14.00 hari ini.

Seperti diketahui dari pihak Pemprov, pelantikan diagendakan dihadiri oleh para staf ahli, para asisten, kadis, kaban, karo, dan kasat di lingkungan Pemprov Sumsel, serta Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, dan Alex Noerdin sendiri yang akan melantik Harnojoyo.

Dari agenda yang sama, terlihat bahwa pada pagi hari sejumlah kegiatan telah diagendakan seperti biasa, seperti Rapat Bimtek Pemeliharaan dan Pemanfaatan Database Kependudukan dan Pencetakan KTP-el 2015, Peringatan Puncak Hari Pangan se-dunia ke-35 yang dipimpin langsung Gubernur, dan audiensi Gubernur bersama Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI Drs I Wayan Kusmiantha Dusak dalam rangka persiapan Asean Prison Track and Field Champions di Palembang.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Kabiro Otoda) Pemprov Sumsel Amsin, membenarkan akan adanya pelantikan Walikota Palembang tersebut.

“Besok siang (hari ini –red) pelantikannya sesuai jadwal, tapi kita mau pastikan dahulu SKnya dengan pihak protokol Pemprov Sumsel,”kata Amsin.

Mengenai detil nomor SK Walikota definitif tersebut, ia belum mengetahui secara pasti karena tidak mengambilnya secara langsung di Kemendagri.

“Saya tidak tahu nomor SK itu, tapi katanya sudah di protokoler, bisa saja surat ikirim ke Pemprov langsung, dan kita akan tanyakan kepada Protokoler dulu,” jelas dia.

Menanggapi pelantikan Harnojoyo, mantan calon kepala daerah Palembang Sarimuda mengaku belum tahu. Namun menurutnya, sekalipun Mendagri akan mengangkat Harnojoyo, tegas Sarimuda, ia tetap akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Saya belum tau SK itu (pengangkatan Harnojoyo sebagai Walikota Palembang definitif) segera keluar. Belum ada informasi soal itu,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan gugatan ke Mendagri termasuk secara perdata. “Kami memberikan fakta-fakta hukum yang ada ke Kemendagri,” katanya. #ren/idz/osk

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...