Home / Headline / DPD Harus Bermanfaat Bagi Daerah

DPD Harus Bermanfaat Bagi Daerah

  • Mendesak Amandemen V UUD 1945 Bagi DPD

    Palembang, BP
    IMG-20150910-02520Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Dr Ridwan, SH, Mhum mengkritik lembaga Badan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang menurutnya harus menunjukkan jati dirinya bahwa harus bermanfaat dan dibutuhkan oleh daerah, bangsa dan negara.
    “Tanggung jawab anggota DPD hendaklah diwujudkan dalam berbagai karya nyata yang memperhatikan kepentingan daerah,” katanya dalam seminar nasional penataan DPD dalam rangka penataan sistem ketatanegaraan Indonesia, kerja sama MPR-Unsri, Kamis (10/9), di hotel Aryaduta Palembang.
    Menurutnya, saat ini dibutuhkan anggota DPD yang tangguh dengan karakteristik yang seyogianya ada pada tiap diri anggota DPD meliputi paham akan wewenangnya, paham tentang kompleksitas daerah dan peran strategis daerah yang diwakilinya, sensitivitas terhadap tuntutan daerah dan kondisi daerah dan jembatan kepentingan antara kepentingan daerah dan pusat.
    “DPD harus menyuarakan secara efektif aspirasi dan kondisi daerah termasuk hasil pengawasan terhadap pengelolaan sumber daya alam,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...