Home / Pendidikan / 2016, Polsri Miliki Hanggar Pesawat

2016, Polsri Miliki Hanggar Pesawat

Palembang, BP

Guna menyukseskan kelas mekanik pesawat terbang yang baru dibuka mulai tahun ini yakni konsentrasi Power Plant pada jurusan Teknik Mesin dan Aircraft Maintenance (avionics) pada jurusan Teknik Elektro. Politeknik Sriwijaya (Polsri) akan membangun hanggar (bangun tempat menyimpan pesawat) di lingkungan kampus, untuk menunjang kegiatan program studi (prodi) penerbangan kerja sama dengan Garuda Maintenance Facilities.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Politeknik Sriwijaya (Polsri) Edy Aswan mengatakan, untuk prodi yang baru dimulai kali ini, pihaknya sudah meyiapkan lahan seluas 600 meter persegi di sekitar kampus dan ditargetkan selesai pada 2016.

“Saat ini sedang proses penyediaan lahan. Harapannya pada tahun kedua mahasiswa sudah bisa praktek sendiri di laboratorium kampus,” kata Edy Aswan kepada BeritaPagi, Kamis (10/9).

Menurutnya, untuk tahun ini sebanyak 48 mahasiswa telah bergabung dalam prodi penerbangan ini yang merupakan hasil seleksi ketat dari 670 orang. Nantinya ke-48 mahasiswa ini terikat kontrak kerja dengan PT Garuda Indonesia untuk diperkerjakan di Garuda Maintenance Facilities.

“Lantaran sudah ikatan dinas tersebut, berbagai kebutuhan didukung oleh Garuda seperti penyediaan alat praktek mesin pesawat dan dosen pengajar,” ujarnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, karena pola pendidikan sudah berstandar internasional, para mahasiswa ini akan mendapatkan sertifikat keahlian bidang perawatan pesawat tingkat internasional keluaran dari Amerika Serikat.

“Jadi lulusan benar-benar sudah sesuai standar,” tegasnya.

Kata dia, pemerintah mendirikan prodi penerbangan di enam kampus politeknik seluruh Indonesia untuk menyerap dana perawatan dan perbaikan mesin pesawat yang mencapai Rp3 triliun per tahun. Dari dana tersebut, hanya 30 persen yang mampu diserap dalam negeri sementara sisanya diambil perusahaan asing.

“Program studi ini masuk dalam program khusus kerja sama antar lembaga di bawah naungan jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin,” pungkasnya.

#adk

 

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...