Home / Headline / Alex: Kalau Ada SK Pelantikan, Harno Kita Lantik

Alex: Kalau Ada SK Pelantikan, Harno Kita Lantik

Palembang, BP
$RRSQXRXGubernur Sumsel H Alex Noerdin masih merahasiakan SK Mendagri tentang pengangkatan H Harnojoyo sebagai Walikota Palembang definitif. Ketika para wartawan menanyakan kabar bakal dijadwalkannya pelantikan Harnojoyo Kamis (10/9) pagi, Alex dengan gaya guyonnya mengaku tidak tahu.
“Oh yo ye. Ah ini aku baru balek, jadi belum tahu. Kalau ado nian kito lantik. Dak tahu, aku cek dulu,” ungkap Alex usai menerima Pasis Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) Angkatan ke-98 di Griya Agung Palembang, Rabu (9/9).
Alex mulai sedikit serius menjawab pertanyaan wartawan, seolah membantah bakal dilakukan pelantikan pada pagi hari besok. “Pagi ado acara hari pangan. Jam 2, apo 2 seperempat. Kalau ada SK-nyo insya Allah. Percuma juga kalau ada SK, Pak Harno tidak mau dilantik. Kan tidak bisa juga. Tanyoke dulu dengan dio. Mesti dio mau dulu dilantik,” kata Alex masih bercanda.
Isu yang mengatakan bakal ada pelantikan Rabu siang ini sepertinya meleset. Sebab Alex sudah dijawalkan berada di Gedung Istora Gelora Bung Karno Jakarta Puncak Acara HAORNAS XXXII Tahun 2015 bersama Presiden Republik Indonesia, pukul 15.00.
Kepala Biro Otonomi Daerah (Kabiro Otoda) Pemprov Sumsel Amsin membenarkan akan adanya pelantikan Walikota Palembang tersebut.
“Besok siang pelantiknya sesuai jadwal, tapi kita mau pastikan dahulu SK-nya dengan pihak protokol Pemprov Sumsel,” kata Amsin singkat.
Ditambahkan Amsin, mengenai detil nomor SK Walikota definitif tersebut, ia belum mengetahui secara pasti karena tidak mengambilnya secara langsung di Kemendagri.
“Saya tidak tahu nomor SK-nya, tapi katanya sudah di protokoler. Bisa saja suratnya dikirim ke Pemprov langsung, dan kita akan tanyakan kepada protokol dulu,” ujarnya.
Menanggapi hal itu, mantan calon kepala daerah Palembang pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Palembang 2013, Sarimuda mengaku belum tahu bahwa SK pengangkatan Harnojoyo segera keluar dalam waktu dekat.
“Saya belum tau SK itu (pengangkatan Harnojoyo sebagai Walikota Palembang definitif-red) segera keluar. Belum ada informasi yang masuk ke saya,” kata dia, tadi siang.
Sekalipun Mendagri akan mengangkat Harnojoyo, tegas Sarimuda, ia tetap akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).
Menurut Sarimuda, bersama Romi Herton, Harnojoyo terlibat dalam kasus suap terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memuluskan keduanya terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palembang periode 2013-2018.
Dan untuk itu ia mempunyai fakta-fakta hukum yang menjadi dasar gugatan ke Kemendagri.
“Saya tetap gugat Mendagri. Dasar pengangkatan Harnojoyo itu apa. Tidak mungkin kan orang yang terlibat diangkat? Saya akan gugat, baik ke PTUN maupun perdata,” tegasnya.
“Kami memberikan fakta-fakta hukum yang ada ke Kemendagri. Ini tinggal masalah politik. Fakta hukumnya sudah jelas seharusnya Mendagri memberhentikan keduanya karena terlibat kasus suap,” sambungnya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...