Home / Olahraga / Kemenpora Janjikan Atlet Jadi PNS

Kemenpora Janjikan Atlet Jadi PNS

Palembang, BP

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nachrowi melalui Deputi IV Joko Pekik menjanjikan akan mengangkat atlet berprestasi, yang telah mengharumkan nama bangsa di pentas internasional, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal tersebut akan diwujudkan dalam Undang-Undang atlet nasional yang akan ketuk palu pada tahun depan.

“Saat ini memang belum ada undang-undang yang mengatur tentang bagaimana seorang atlet setelah pensiun. Tahun depan, Insyaalloh kita akan revisi UU Atlet Nasional yang sudah ada dengan menambah apresiasi itu. Misal dengan menjadi PNS dan lainnya,” ujar Joko Pekik, belum lama ini.

Menurut dia, selama ini bukannya Pemerintah tidak mau mengangkat atlet berprestasi jadi PNS. Hanya saja aturan hukumnya belum ada.

“Bukannya kita tidak ada uang, tapi memang regulasinya belum ada. Mudah-mudahan tahun depan,” katanya.

Richard Sambera, mantan atlet renang andalan Indonesia, mengaku sangat setuju dengan wacana tersebut. Memang sudah sepatutnya atlet diapresiasi maksimal. Sebab untuk menjadi atlet dan memenangkan kompetisi itu tak semudah yang dibayangkan.

“Saya sangat setuju. Contohnya saya yang mantan atlet dan sekarang beralih ke swasta. Jika memang ada wacana tersebut harus cepat direalisasikan,” ujarnya.

Menurut peraih 11 medali emas SEA Games ini, negara kita sudah waktunya punya Undang Undang atlet nasional.

Berbeda dengan profesi lain, misalnya polisi atau tentara yang jelas soal aturan kepangkatan dan penghasilannya.

 

“Sekarang belum jelas menjadi atlet nasional itu apa artinya. Hanya sifatnya adhoc. Dapat uang saku hanya saat ada kompetisi, setelah mendapatkan SK,” ujar Richard.

Dikatakan pria yang kini terjun ke bisnis penerbitan puluhan majalah ini, menjadi atlet hanya sebatas hobi. Oleh karena itu, ia tidak mau anak-anaknya mengikuti jejaknya.

“Olahraga itu hobi. Kalau ditanya anak-anak saya mau dijadikan atlet seperti saya, jawabannya tidak. Saya ingin anak-anak ke pendidikan saja, sekolah dan belajar,” tukasnya. O sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Luar Biasa! Tim Bola Voli U-25 Muba Raih Double Winner

Sekayu, BP–Tradisi juara bidang olahraga terus ditorehkan putra-putri Muba. Di arena regional baik Porprov dan Porwil, atlet Muba juga terus ...