Home / Headline / Gubernur Lantik Riki Djunaidi Pj Bupati Mura

Gubernur Lantik Riki Djunaidi Pj Bupati Mura

Palembang, BP
IMG_7015Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin secara resmi melantik Riki Djunaidi sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Musirawas di Auditorium Bina Praja, Senin (7/9). Riki yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) sekaligus Wakil Bupati Hendra Gunawan yang habis masa jabatan pada (5/9) lalu.

Gubernur mengatakan, selain bertugas menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah setempat, tugas utama Pj Bupati yang dilantik adalah mempersiapkan segala keperluan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak agar berjalan lancar. Seperti diketahui, Musirawas merupakan satu dari tujuh kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

“Tugas berat Pj Bupati adalah untuk memastikan seluruh jajaran pemerintah yang dia pimpin netral selama pilkada. P jBupati pun harus memasikan tidak ada aset pemerintah yang dipergunakan untuk kepentingan kampanye para kandidat pilkada,” tuturnya dalam sambutan.

PJ Bupati yang terlantik, kata Alex, harus memegang teguh amanah serta berani mengambil keputusan untuk kesejahteraan rakyat bersama. Jika Pj Bupati tak menjalankan tugasnya dengan baik, maka Alex menegaskan akan mengganti dengan Penjabat baru.

” Walaupun ini jabatan singkat, tapi coba tunjukan contoh teladan kepala daerah yang memegang amanah. Tunjukan bahwa saudara memang pantas dipilih dengan bekerja keras dan disiplin,” tegasnya.

Seiring masih dilandanya bencana kabut asap di wilayah Sumsel, Alex pun mengimbau kepada seluruh kepala daerah untuk bertanggung jawab menjaga daerahnya supaya terhindar dari kebakaran hutan dan lahan.

Kepala daerah khususnya Pj Bupati harus selalu berada di tempat agar dapat menjadi pusat komando seluruh instansi yang melakukan antisipasi terhadap penanggulangan bencana asap.

“Di tengah kondisi saat ini, kepala daerah harus berada di tengah masyarakat. Bukan di Jakarta atau Palembang. Kalau mau ke luar kota, harus izin gubernur. Bagi yang keluar negeri tanpa izin, akan diberhentikan. Ini untuk menegakkan kedisiplinan. Kepal daerah harus tegas dan bijaksana,” tegas Alex.

Sementara Pj Bupati Musirawas terlantik, Riki Djunaidi mengungkapkan kesiapan dirinya untuk menjalankan seluruh instruksi dan perintah serta tanggung jawab yang diberikan Gubernur. Riki mengaku akan berusaha menjadi kapala daerah yang menjalankan tugasnya dengan baik termasuk menyukseskan pelaksaan Pilkada serentak di Musirawas nanti.

“Saya akui tugas Pj Bupati cukup berat dengan tanggung jawab yang besar. Namun dengan pengalaman yang saya miliki, saya siap untuk menyelenggarakan pemerintahan di Musirawas agar lebih baik lagi,” ungkapnya.

Riki juga menuturkan, dirinya akan menjaga netralitas seluruh jajaran PNS dalam pilkada Musirawas. Hal itu menurutnya sangat penting karena menjadi tolak ukur kesuksesan pilkada disuatu daerah.

“Secepatnya saya akan kumpulkan seluruh SKPD supaya dapat memastikan PNS tetap netral. Roda pemerintah akan berlangsung kondusif tanpa ada gejolak masyarakat disana bila netralitas terjaga,” pungkasnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Apriyadi: Tahun 2018 Piala Adipura Harus Kembali ke Muba

Sekayu, BP–Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin targetkan meraih kembali piala adipura ke-12 pada tahun 2018, yang mana gagal pada tahun 2017 ...