Home / Headline / Di Muba, Wabup, Ketua DPRD, Tinjau Lokasi Titik Api

Di Muba, Wabup, Ketua DPRD, Tinjau Lokasi Titik Api

Sekayu, BP
UntitledWakil Bupati (Wabup) Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meninjau langsung lokasi titik api di Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir yang berbatasan dengan Desa Lalan I Kecamatan Lalan, Minggu (6/9).

Peninjauan tersebut dilaksanakan setelah Wabup berserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, Camat Bayung Lencir, Lalan, Sungai Lilin, Tungkal Jaya, Babat Supat dan Batang Hari Leko melakukan rapat darurat penanggulangan kabut asap, yang bertempat di ruang rapat desa Berlian Makmur, Kecamatan Sungai Lilin, Sabtu (5/9) malam.

Sebelum meninjau lokasi titik api, Beni beserta rombongan singgah di Posko Siaga Kebakaran Hutan KPHP Unit III Lalan Mansang Mendis, untuk mengoordinasikan jalur mana yang akan ditempuh untuk meninjau titik api tersebut.

Di lokasi lahan yang terbakar seluas 40 hektar lebih merupakan lahan gambut sedalam 50 cm hingga 140 cm yang memang sengaja dibakar oleh masyarakat yang mengaku dari kelompok tani.

“Sementara itu, untuk pelaku pembakaran lahan, baik itu dari pihak perusahaan yang secara diam-diam maupun warga yang sengaja melakukan pembakaran lahan, akan kita berikan sanksi tegas dan kita laporkan kepada pihak berwajib. Karena dampak dari pembakaran lahan ini menyangkut masalah global,” ujar Beni

Ia juga menjelaskan langkah-langkah yang akan diupayakan oleh pemerintah untuk menanggulangi bencana kebakaran lahan terebut melalui jalur darat, dibantu oleh pasukan TNI sebanyak 400 personil dan masyarakat setempat serta pasukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Muba.

Selain itu, Beni juga berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat untuk Melakukan mater bombingkarena ada lokasi titik api yang sulit dijangkau melalui darat, serta berharap adanya bantuan untuk modifikasi cuaca berupa hujan buatan yang dirasa cukup membantu menanggulangi masalah tersebut.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Dandim 0401 Muba  Letkol Inf Ignatius Wiwoho, Ketua DPRD Muba Riamon Iskandar, Asisten I Muba H Rusli, SP, MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, Drs. Syafaruddin, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian Pengembangan, Ir A Rahman Z, Camat Bayung Lencir, Tazarni, SSTP, MSi, masyarakat setempat dan perwakilan perusahaan beserta dinas terkait.

Kapolres Muba AKBP M Ridwan menyebutkan telah menangkap pelaku pembakaran lahan di Desa Sukadamai Plakat Tinggi. Lahan yang dibakar  masyarakat yangg sedang membuka lahan dengan cara membakar 21 ha lahan.  Ketiga pelaku Iskandarsyah bin Syukur,48 thn,PNS, alamt Plakat Tinggi Muba dan Susianto bin Anang Sari,36, warga Plakat Tinggi Muba serta                                  Sumardi, 41, juga warga Plakat tinggi.
Bersama pelaku didapati barang bukti berupa jerigen berisi 0,5 liter minyak mentah, kayu arang sisa pembakaran serta sabut kelapa (utk membakar). Ridwan juga mendapati kebakaran lahan di lahan milik PT ITA.  “Kita belum tahu pelaku pembakaran di lahan PT ITA tapi yang jelas perusahaan wajib mengamankan lahan mereka.  Selain itu perusahaan juga harus membantu menjaga lahan di sekitarnya.  Kita juga akan selidiki keterlibatan pembakaran lahan ini.  Entah perusahaan atau masyarakat.  Akan kita sanksi srsuai hukum, ” tutup Kapolres.
#arf

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...