Home / Pendidikan / Kenalkan Teater Sejak Dini

Kenalkan Teater Sejak Dini

Palembang, BP

FOTO/IST GUA PUTRI --- Sejumlah siswa SDN 117 yang tergabung dalam sanggar bunga matahari, memerankan legenda gua putri memperingati HUT ke 70 Republik Indoneisa di halaman SDN 117 di Jalan Enim Raya Kecamatan Sako Palembang, Sabtu (5/9). Sriwijaya Post/Zaini (5/9/2015).

FOTO/IST
GUA PUTRI — Sejumlah siswa SDN 117 yang tergabung dalam sanggar bunga matahari, memerankan legenda gua putri memperingati HUT ke 70 Republik Indoneisa di halaman SDN 117 di Jalan Enim Raya Kecamatan Sako Palembang, Sabtu (5/9).
Sriwijaya Post/Zaini (5/9/2015).

Suasana berbeda di Halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri 117 Palembang. Saat itu, ratusan siswa/siswi berkumpul di halaman sekolah. Kehadiran mereka bukan bermain, olahraga, upacara, tetapi untuk meyaksikan penampilan dari anak kelas 5 yang menunjukkan kebolehan dalam hal aksi panggung teaterikal yang mengambil cerita dari salah satu kabupaten/kota di Sumatera Selatan yakni Legenda Gua Putri.

Keahlian untuk memainkan teatrikal tersebut pun hanya dipersiapkan selama 21 hari, yang dilakukan latihan rutin di perpustakaan sekolah. Hasil latihan rutin tersebut juga membuahkan hasil yang gemilang yakni menjadi juara 3 tingkat nasional pada tahun 2014 di Surabaya dengan membawakan Kisah Dulmuluk.

Kepala sekolah SDN 117 Palembang Toman Siregar mengatakan, kegiatan estrakulikuler ini untuk membentuk minat dan bakat anak. Karena dengan kegiatan seperti ini dapat diketahui sejak dini bakat dari masing-masing anak. Selain itu juga, membentuk anak untuk disiplin, memiliki jiwa tanggung jawab, serta saling menghargai satu sama lain.

“Pertunjukan ini merupakan salah satu latihan kami, menjelang perlombaan tingkat nasional yang dilakukan pada November mendatang,” ujar Toman Siregar, Sabtu (5/9).

Ia juga menjelaskan, selain Legenda Gua Putri juga siswa/siswi secara rutin melakukan latihan seperti, Dulmuluk dan Bangsawan. Cerita-cerita ini dimainkan oleh anak-anak dengan bantuan pelatih langsung dari Dinas Kesenian Palembang (DKP).

“Kami tidak hanya melakukan latihan kelas 5 saja, tetapi masing-masing siswa dibekali dari kelas 3. Sehingga pada kelas 5 nantinya mereka sudah bisa tampil,” ujarnya.

Lebih lanjut Toman juga mengharapkan, semua murid gemar menggeluti dunia teater sehingga nantinya anak-anak akan menjadi generasi penerus bagi penggeliat dunia teater di Palembang.

“Sejak dini kami memang sengaja mengajarkan seni teater. Dari sekarang mereka kami kenalkan, dengan harapan nanti terdapat sebagian anak yang akan terjun di dunia teater,” tutupnya.

Oadk

 

x

Jangan Lewatkan

Motivasi Mahasiswa Unsri, Ini Pesan Reno Anugerah Pratama

Palembang, BP– Mengakhiri bulan Januari 2018 kali ini, Motivator Reno Anugerah Pratama menggelar Roadshow Motivasi Pemudah dan Mahasiswa ke berbagai ...