Home / Sumsel / Ogan Ilir / Seluruh Desa di OI Belum Terima Dana

Seluruh Desa di OI Belum Terima Dana

Inderalaya, BP

Sebanyak 241 desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) sama sekali belum menerima dana desa senilai Rp260-270 juta per desa. Padahal perangkat desa sangat berharap dana itu segera cair mengingat dana tersebut sangat dibutuhkan untuk pembangunan desa.

Demikian diungkapkan Pjs Kepala Desa Tanjung Pule Yansen Hayati, Jumat (27/8), kepada BeritaPagi. “Sampai saat ini kita belum terima dana desa, padahal sangat penting digunakan untuk pembangunan. Rencananya akan membuat jalan sepanjang 750 meter lebar 2,5 meter. Kabarnya September nanti cair cuma kami juga belum tahu jelas,” ujarnya.

Dikatakannya dana desanya bakal diterima Rp260 jutaan dalam tiga kali termin yaitu 40 persen sebanyak Rp105 juta, 40 persen Rp105 juta dan 20 persen sebanyak Rp52 juta.

“Kabarnya boleh untuk pembangunan fisik secara utuh jadi sifatnya tidak rehab. Sosialisasi hanya sekali diberikan pemkab, beberapa waktu lalu dari Kementerian PDT dan Kemenkeu sempat datang ke.pemkab untuk membahas ini. Kalau soal pendampingan kami belum ada mungkin itu dari BPMD,” ujarnya.

Kades Sri Banding, Kecamatan Pemulutan Barat Asradi Adan mengatakan, kemungkinan desanya bakal mendapatkan dana Rp270 jutaan, dana tersebut sama di 241 desa.
“Kita belun dapat entah kapan akan disalurkan, yang jelas kami sangat menunggu untuk segera dicairkan karena sangat bermanfaat untuk pengembangan desa. Pencarian dana dilakukan tiga termin, kabarnya setiap tahun naik 25 persen sehingga akhirnya setiap desa dapat Rp3 miliar. Inikan buat pembangunan fisik seperti pembangunan sarana air bersih, masjid, jalan dan sebagainya,” ujarnya.

Iapun berharap program Jokowi -JK tersebut tidak hanya sebatas seremoni dan mimpi belaka tapi berkesinambungan demi terciptanya ekonomi yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. #hen

x

Jangan Lewatkan

ASN Pemkab OI Keluhkan Soal TPP yang Tidak Adil

Inderalaya, BP–Polemik Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) terus ...