Home / Hukum / KPK Periksa 22 Pejabat Saksi Kasus Suap Muba

KPK Periksa 22 Pejabat Saksi Kasus Suap Muba

Palembang, BP
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa 22 pejabat di Musi Banyuasin (Muba) sebagai saksi kasus dugaan suap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Muba tahun 2014 dan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muba tahun 2015, di Mako Brimob Polda Sumsel, Selasa (1/9), sekitar pukul 10.00.

Informasi yang berhasil dihimpun, saksi-saksi yang diperiksa sedikitnya 15 anggota DPRD Muba seperti, Dear Fauzul Azim, Parlindungan Harahap, Ujang M Amin, Depy Irawan, Jaini, Iin Febrianto, Erni Eliyanti, H Ismail, Ahmadi, Bahrul SH, Sugondo, Ziadatulher SE, Cipta Rokusro, Ir C Kawairus Effendy, dan Jon Kenedi.

Selain itu, Thabrani yang menjabat sebagai Sekwan DPRD Muba beserta enam Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Muba yakni Rusmin Nuryadin, Yudi Herzandi, Arman Sucipto, Lupi, Muhamad Irwan dan Arianto Asyaari juga diperiksa oleh Tim Penyidik KPK.

Pantauan di lapangan KPK melakukan pemeriksaan di salah satu ruangan di Mako Brimob Polda Sumsel secara tertutup dan dijaga ketat. Bahkan, pemeriksaan dibagi menjadi dua sesi, pertama mulai pukul 10.00 dan kedua sekitar pukul 13.00.

Para saksi tersebut diperiksa KPK sebagai saksi atas tersangka Bupati Muba Pahri Azhari dan istrinya bernama Lucianty dalam kasus suap RAPBD Muba pada 2015.

Bahkan, hingga sekitar pukul 17.00, para saksi yang diperiksa oleh Tim Penyidik KPK satu per satu keluar dari ruangan yang dijaga ketat. Tanpa basa-basi, para saksi langsung masuk ke dalam mobil masing-masing untuk meninggalkan Mako Brimob Polda Sumsel.

Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriani ketika dikonfimasi membenarkan, adanya jadwal pemeriksaan kepada 22 saksi untuk tersangka Bupati Muba dan istrinya. Para saksi yang diperiksa juga antara lain anggota DPRD Muba, PNS di Set DPRD Muba dan PNS di Pemkab Muba, serta PNS di Dinas PU Muba.

“Benar adanya pemeriksaan kepada saksi-saksi itu. Kalau nantinya ada pemeriksaan terhadap saksi lainya itu tidak menutup kemungkinan, karena jika itu diperlukan untuk kebutuhan penyidik untuk minta keterangan dari saksi lain,” kata Yuyuk. #rio

x

Jangan Lewatkan

6 Pria Asal Palembang Dilaporkan Hilang di Jawa Barat

Palembang, BP–Sebanyak enam pria asal Palembang dilaporkanmenghilang di Jawa Barat selama tiga bulan, sejak 14 September lalu. Keenamnya yakni Aditya ...