Home / Sumsel / Dishub Imbau Pengguna Angkutan Waspada Saat Pagi

Dishub Imbau Pengguna Angkutan Waspada Saat Pagi

Palembang, BP
Kabut asap yang menyelimuti kota Palembang membuat jarak pandang sedikit berkurang. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sumsel mengeluarkan imbauan dan arahan. Waspada dalam bertransportasi baik darat, udara dan laut menjadi kewaspadaan, utamanya di pagi hari.

Kepala Bidang LLAJ dan Perkeretaapian Dishub Sumsel, Sudirman, mengatakan kabut asap ini biasa terjadi setiap tahun, terlebih pada saat kemarau, karena kondisi lahan banyak yang kering dan mudah terbakar, belum lagi ada oknum yang sengaja membuka lahan dengan membakar hutan. “Saat ini, semua instansi terkait sedang melakukan upaya untuk meminimalisir kabut asap itu,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa (1/9).

Lanjut Sudirman, pihak Dishubkominfo sudah mengeluarkan himbauan kepada angkutan darat, laut dan udara, terutamanya penerbangan, kalau memang kabut asap memang mengganggu maka tak usah take off. “Untuk kendaraan baik roda empat atau roda dua, kecepatan berkendara dikurangi,”katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan terhadap pelayaran di Laut, Sungai di Sumsel. Pihaknya telah mengeluarkan maklumat, agar nahkoda kapal laut mematuhi setiap instruksi yang diberikan sebelum berlayar. Menurutnya, apalagi untuk jarak pandang saat ini 5 hingga 10 meter di pagi hari, sudah sangat mengganggu.

“Ini juga harus jadi perhatian dari semua pihak agar dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan transportasi, selalu ikuti aturan yang ada untuk keselamatan,” imbuhnya.

Bahkan, koordinasi lintas sektor instansi terkait sudah dilakukan Dishubkominfo Sumsel. “Untuk angkutan laut, sungai dan danau, kami sudah mengeluarkan maklumat. Tingkatkan kewaspadaan, kepala nakhoda harus mematuhi intruksi dari Syahbandar. Kita terus melakukan koordinasi ke pihak terkait,” pungkasnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...