Home / Pendidikan / Anak Berkebutuhan Khusus Butuh Perhatian

Anak Berkebutuhan Khusus Butuh Perhatian

Palembang, BP

Seiring dengan program pemerintah tentang pendidikan inklusi, guru Sekolah Dasar (SD) di Palembang secara bertahap dibekali kemampuan untuk pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagaimana diketahui, program inklusi ini diperuntukkan bagi setiap sekolah di mana ABK wajib memperoleh pendidikan yang sejajar dengan anak lainnya.

Kasi Kurikulum TK/ SD Disdikpora Palembang Haris Basid mengatakan, sampai saat ini kendala yang dihadapkan adalah Guru Pembina Khusus (GPK) yang ditunjuk untuk menguasai bidang inklusi ini.

“GPK tersebut biasanya diambil dari guru agama, olahraga dan guru kelas,” kata Haris Basid, belum lama ini.

Menurut dia, selama ini pihaknya sudah mengirim 16 GPK ke provinsi untuk mengikuti pelatihan. Adapun GPK tersebut perwakilan dari empat sekolah yakni SDN 30, SDN 147, SDN 3 dan SMPN 14 Palembang.

“Rencananya pada pertengahan September mendatang kami akan kirim tiga orang untuk mengikuti mengikuti Training of Trainers (TOT). Sedangkan kalau untuk ke Provinsi masih tiga angkatan lagi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya pelatihan ini diharapakan akan ada guru yang benar-benar berkompetensi dan mampu menangani ABK.

“Memang sekarang masih terus diadakan pelatihan, masih sesuai dengan kemampuan masing-masing guru dulu. Kelanjutannya akan kami lakukan secara berkesinambungan dan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, kami juga mengadakan kerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pendidikan inklusi ini dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi semua anak termasuk yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Kami berlandaskan pada sebuah pola pemikiran, bahwa setiap anak memiliki hak untuk belajar bersama sehingga guru harus siap menerima ABK ini,” pungkasnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

IKADS Ajak Anak-Anak Down Syndrome Mengenyam Pendidikan

Palembang, BP Sebagian orangtua menganggap, memiliki anak yang menderita down syndrome merupakan hal yang memalukan. Bahkan, dianggap sebagai kutukan. Sehingga, ...