Home / Pendidikan / Pilih PTS Terakreditasi BAN-PT

Pilih PTS Terakreditasi BAN-PT

Palembang, BP

Saat ini, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sedang gencar-gencarnya membuka penerimaan mahasiswa baru. Namun, calon mahasiswa diminta waspada dan memilih PTS yang terdaftar di Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II dan memiliki standar akreditasi dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu ditegaskan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin melalui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Drs Widodo, MPd, pada wisuda VII Politeknik Akamigas Palembang.

“Jangan tertipu dengan selebaran, teliti sebelum memilih,” tegas Widodo, Kamis (27/8).

Ia menegaskan, kualitas lulusan para alumni sangat diperhitungkan jika lembaganya benar-benar diakui dan terdaftar di lembaga yang diakui oleh negara.

“Memperhatikan pos-pos penting berpengaruh pada sumber daya manusia (SDM) berkualitas secara nasional bahkan internasional dengan mutu yang apik,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Akamigas Palembang H Muchtar Luthfie, SH, MM, mengatakan, menghadapi pasar bebas ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC), pihaknya mempersiapkan semua itu dengan membentuk lembaga sertifikasi profesi (LSP) dengan lima skema yang sesuai empat prodi dimiliki.

Seperti, mencakup teknik analisis laboratorium migas, teknik pengolahan migas, teknik eksplorasi produksi migas, teknik pertambangan Batubara.

“Mendukung itu semua telah dilakukan sertifikasi kompetensi Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kerjasama PT Tritama olah Prosesindo,” ujarnya pada wisuda VII mahasiswa Politeknik Akamigas.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki bekal bahasa asing dan sertifikat kompetensi.

“Program utama dijalankan, setiap tahun pembekalan dan sertifikasi ahli K3 umum bagi calon lulusan dan alumni,” katanya.

Ia juga menambahkan, ada 200 alumni pada wisuda VII terdiri dari 31 program studi teknik analisis laboratorium migas. Rinciannya, 31 alumni dari program studi teknik pengolahan migas, 70 alumni program studi teknik eksplorasi dan produksi migas, serta 68 alumni program studi batubara. Sehingga total alumni mencapai 763 orang.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...