Home / Headline / Plt Bupati Muba Tunggu Penahanan Pahri

Plt Bupati Muba Tunggu Penahanan Pahri

20150824_221651

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mulai mempersiapkan penunjukan pelaksana tugas (plt) bupati Kabupaten Musi Banyuasin pasca ditetapkannya Bupati Muba Pahri Azhari sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel Drs Ikhwanudin mengatakan, pihaknya baru akan mengeluarkan surat penunjukan Plt Bupati Muba kepada Wakil Bupati Beni Hernedi jika KPK telah resmi melakukan penahanan terhadap Pahri.

“Selama proses hukum terus berlanjut dan belum ada penahanan, pemerintahan di Muba saat ini tetap dipimpin oleh Pahri. Dia saat ini tetap masih berkewajiban melaksanakan tugasnya kecuali bila sudah ditahan,” katanya, Senin (24/8).

Saat ini pemprov masih menunggu proses hukum selanjutnya mengenai kasus yang menjerat Pahri. Ikhwan menjelaskan, setelah adanya penetapan tersangka terhadap Bupati, sejumlah pejabat eselon termasuk Pimpinan DPRD, maka jajaran pemerintahan di Muba sangat berpotensi akan terjadi kekosongan baik eksekutif maupun legislatif.

“Saat ini pemprov sudah siap-siap untuk antisipasi mengisi kekosongan setelah adanya penahanan. Akan kita keluarkan surat penunjukan Plt Bupati untuk pimpinan eksekutif dulu kepada wakilnya Beni Hernedi,” lanjutnya.

Untuk kekosongan di jajaran pimpinan legislatif, pemprov juga akan memanggil pimpinan partai politik (parpol) untuk mengkoordinasikan penunjukan penggantinya melalui pelaksanaan pergantian antar waktu di masing-masing partai.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan dirinya juga berniat melakukan supervisi terhadap pemerintahan Muba selanjutnya setelah KPK menetapkan status tersangka terhadap Bupati dan beberapa pejabat lainnya. Alex menegaskan dirinya siap melakukan supervisi di Muba dalam waktu dekat.

Supervisi tersebut seperti halnya yang Alex lakukan terhadap Kabupaten Empatlawang beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya ke Muba, Alex akan membahas dan melihat jalannya pemerintahan di Muba pasca Kepala Daerah dan pejabat-pejabatnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Sejauh ini Alex menerima informasi bahwa  pemerintahan di Muba masih berjalan normal. Dia berharap kondisi normal ini tetap bertahan seterusnya. Namun Alex tidak mengungkapkan secara detil maksud dia mengunjungi Muba dalam waktu dekat ini.

“Intinya saya mau ke Muba untuk ‘ngobrol’ dengan semua pejabat yang ada di sana,” katanya.  #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jalan Provinsi, Gedung Sekolah, Guru Honor Dan Rumah Sakit Daerah Butuh Perhatian

Palembang, BP Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Askweni mengatakan, Sumsel masih membutuhkan perbaikan jalan provinsi, gedung sekolah, rumah ...