Home / Headline / Gubernur Ingatkan Pj Bupati Tak Lupa Diri

Gubernur Ingatkan Pj Bupati Tak Lupa Diri

 

 

BP/ARRACHIM PELANTIKAN PLT BUPATI-Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Plt Bupati Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu  Selatan dan Ogan Komring Ulu (Oku) oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang berlangsung diGriya Agung Palembang, Selasa (25/8)

BP/ARRACHIM
PELANTIKAN PLT BUPATI-Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Plt Bupati Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan dan Ogan Komring Ulu (Oku) oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang berlangsung di Griya Agung Palembang, Selasa (25/8)

Palembang, BP

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin melantik Penjabat (Pj) Bupati untuk empat kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), di Griya Agung, Palembang, Selasa (26/8). Gubernur berharap keempat penjabat dapat menjalankan amanah dan tidak lupa diri.

“Jabatan ini hanya sementara. Selama menjabat, saya imbau para Penjabat Bupati yang telah dilantik tidak pergi tugas ke luar negeri. Fokus selenggarakan pemerintahan, memuluskan pembangunan daerah, dan melancarkan Pilkada,” ujar Gubernur.

Keempat penjabat bupati yang dilantik adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Yulizar Dinoto menjadi Pj Bupati Ogan Ilir, Kepala Badan Perencanaan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Sumsel Maulan Aklil menjabat Bupati Ogan Komering Ulu, Karo Perlengkapan dan Umum Pemprov Sumsel Robby Kurniawan dilantik sebagai Pj Bupati OKU Selatan, dan Kepala Badan Kesbangpol Richard Chahyadi menjadi Pj Bupati OKU Timur.

Menurut Gubernur, keempat orang ini akan mengisi kekosongan pucuk pimpinan masing-masing daerah. Tugas utama seorang Pj Bupati adalah menjamin Pilkada berjalan lancar, mengondusifkan daerah, dan berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Gubernur mengingatkan keempat Pj Bupati agar aset pemerintah kabupaten tidak boleh digunakan untuk kepentingan Pilkada. “PNS harus netral dalam penyelenggaraan Pilkada. Kalau ada yang ketahuan tidak netral, akan langsung dipindahtugaskan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut Gubernur Alex menuturkan, keempat orang ini terpilih dari sekian banyak penjabat. Walau masih muda, namun tunjukkan bahwa usia bukan segalanya. Kinerja dan prestasi yang menentukan dan dia meminta keempat orang tersebut membuktikannya saat memimpin daerah masing-masing. “Empat orang ini merupakan andalan. Buktikan, jangan memalukan dan jangan kecewakan rakyat,” imbuh Alex yang juga akan melantik Pj Bupati Musirawas pada 7 September.

Sementara itu, Maulan Aklil mengaku akan mengawal Pilkada hingga sukses dan aman. Ia akan mempertanggungjawabkan kepercayaan dan amanah kepada masyarakat. “Saya harap masyarakat bisa mendukung dan memberi informasi kepada saya dan memberi masukan untuk membangun OKU,” tuturnya.

Diakui Maulan, pelantikan ini merupakan kejutan baginya karena sebelumnya dia tidak pernah dipanggil ke kantor atau rumah Gubernur untuk membicarakan pelantikan. “Namun setelah mendapat kepercayaan. Saya akan bekerja sebaik-baiknya. Tujuan saya di OKU nanti memastikan PNS netral dan saya akan kawal Pilkada hingga sukses dan aman,” ujarnya.

Sedangkan Yulizar, mengatakan, salah satu tujuan dirinya dipindahkan ke Ogan Ilir adalah dalam rangka mengurangi jumlah titik api penyebab kabut asap. OI merupakan salah satu penyumbang titik api terbanyak di Sumsel ini.

“Salah satu misinya itu agar lebih fokus di daerah menanggulangi kebakaran lahan dan hutan. Yang terpenting tetap memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada hingga bupati dan wakil bupati terpilih nanti dilantik,” tambahnya.

Penjabat Bupati OKU Selatan Robby memastikan penyelenggaraan pemerintahan di OKU Selatan akan berjalan normal. “Menjaga netralitas PNS dalam Pilkada penting dan harus dikawal. Hari ini (kemarin-red) persiapan dulu, besok (hari ini-red) berangkat ke OKU Selatan. Sementara itu tugas sebagai Karo Perlengkapan dan Umum akan didelegasikan kepada kepala bagiannya nanti,” imbuhnya.

Richard Cahyadi juga akan segera melakukan konsolidasi ke dalam pemerintahan OKU Timur dan segera menyelenggarakan pemerintahan di sana. “Ada perasaan haru setelah dilantik. Tugas yang saya pikul ini berat menjadi beban moral. Yang pasti saya akan menjalankan tiga tugas utama, saya yakni menyukseskan pilkada, memastikan PNS tetap netral, dan menjalankan roda pemerintahan,” katanya.#idz

 

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...