Home / Sumsel / Banyuasin / Markas Legiun Veteran Banyuasin Memprihatinkan

Markas Legiun Veteran Banyuasin Memprihatinkan

Terbengkalai (1)

Banyuasin, BP

Markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Banyuasin kondisinya cukup memprihatinkan. Bangunan banyak yang rusak, air tidak ada listrik.

“Kegiatan peringatan HUT ke 70 NKRI kami laksanakan dengan sederhana, karena keterbatasan fasilitas markas yang saat ini, tidak ada air dan listrik, sehingga untuk buang air saja kami terpaksa menumpang di masjid yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi ini, kami serasa masih dalam masa penjajahan meskipun telah 70 tahun merdeka,” ungkap Ketua LVRI Banyuasin Ngadiman dijumpai di Markas LVRI, Senin (24/8).

Ia mengungkapkan, sebagai pengurus baru LVRI pihaknya telah mengupayakan swadaya untuk melakukan pengecatan ruangan serta menggelar acara sederhana untuk memperingati Hari Veteran dan HUT NKRI pada 11 dan 17 Agustus lalu. Mayoritas veteran yang berusia senja, telah banyak terkena penyakit dan mengharuskan kerap bolak balik ke kamar kecil minimnya fasilitas tersebut sangat dikeluhkan.  “Berapa diantaranya telah kesulitan berjalan sehingga untuk menempuh jarak 100 meter menjadi perjalanan yang panjang dan penuh perjuangan,” katanya.

Pihaknya berharap pemerintah Kabupaten Banyuasin dapat memperhatikan Veteran bukan hanya pada dua moment tahunan yakni Hari Kemerdekaan dan Hari Pahlawan dengan perberian tali Asih dan tunjangan per bulan namun penyediaan fasilitas markas yang layak.

“Kalau bisa air bersih dan listrik, bisa diadakan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, M Yusuf melalui Kabid Kelembangaan Sosial, Danil Hermansyah menegaskan terkait kondisi markas LVRI yang dirasakan penuh keterbatasan, pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam hal ini dinas sosial telah melakukan upaya pemenuhan kebutuhan sebagaimana proposal yang diajukan. Namun tentu memang tidak seluruh item dikabulkan karena sesuai dengan keadaan keuangan yang ada di dinas. “Sebagai lembaga mandiri, LVRI dapat melakukan penghimpunan dana dari berbagai sumber, pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam hal ini hanya bertugas untuk pembinaan, dan tentu akan dipertimbangkan jika ada proposal yang masuk, seperti hanya beberapa waktu lalu, terdapat beberapa alat kelengkapan kantor yang dibantu dinas sosial,“ ungkapnya. #mew

x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...