Home / Headline / Bayi Tanpa Anus Terselamatkan

Bayi Tanpa Anus Terselamatkan

  •  Berkat Program Jamsoskes Sumsel Semesta
    IMG-20150824-02284
    ANENDIA Andara yang berusia 3 bulan masih terjaga  dalam dekapan ibunya,  Rini (28), warga Desa Tegal Rejo RT 10 B, Tanjungenim, Kabupaten Muaraenim saat berobat lanjutan di Rumah Sakit Dr Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang, Senin (24/8).
    Kalau dia merengek, sang ibu Rini segera menggendongnya dan ASI pun diberikan. Masih merah, bayi perempuan ini memang terlihat tegar. Lahirnya pun alami.  Sayang sang bayi tidak memiliki anus. Tetapi di balik semua itu Rini bersyukur nyawa anaknya selamat berkat bantuan  program prorakyat dari Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, Program Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta yang telah disahkan melalui Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 23 Tahun 2009. Program Jamsoskes Sumsel Semesta telah di-launching pada tanggal 27 Januari 2009.
    Rini mengisahkan kalau suaminya Panji Sailendra (34) adalah tukang ojek yang memiliki pendapatan pas-pasan. Saat Anendia yang merupakan anaknya nomor dua lahir, sepeser pun mereka tidak memiliki uang untuk membayar biaya persalinan. Untung program jamsoskes Sumsel Semesta membantunya sehingga dia mendapatkan pelayanan persalinan gratis di Rumah Sakit (RS) HM Rabain Muaraenim.
    Namun ujian kembali menderanya, ternyata dokter memberitahukan kalau anaknya yang kala itu berumur lima hari  lahir tanpa anus dan harus dioperasi untuk dibuat anus buatan dengan mengoperasi usus sebelah kiri Anendia.
    Tidak terbayang  di benak Rini, anaknya yang masih bayi tersebut menghadapi sakitnya operasi, namun yang membuat Rini bingung bagaimana dia harus membayar biaya operasi anaknya tersebut, namun lagi-lagi  berkat program jamsoskes Sumsel Semesta nyawa anaknya bisa terselamatkan, sekali lagi sehingga operasi pembuatan anus sementara untuk pembuangan kotoran anaknya bisa berhasil di usus sebelah kiri anaknya tersebut oleh tim dokter RS HM Rabain Muaraenim.
    “Kalau dipikir-pikir kalau tidak ada berobat gratis kami pasti tidak mampu untuk membayarnya pasti mahal, jangankan membayar berobat, makan saja susah,” kata Rini saat ditemui di ruang tunggu pasien di RSMH Palembang.
    Dia mengaku berterima kasih dengan program jamsoskes Sumsel Semesta karena telah banyak membantu anaknya tersebut sehingga keluarganya tidak harus membayar dalam berobat sepeserpun.
    “Kalau tidak ada program Pak Alex, aku pasti bayar berjuta-juta,” katanya.
    Namun kesedihan Rini masih panjang, ternyata anaknya tersebut masih harus menjalani dua kali operasi sehingga dirujuk ke RSMH Palembang di mana untuk operasi kedua  Anendia harus dibuatkan anus dan operasi ketiga Anendia harus menjalani pengembalian kondisi anus.
    Atas bantuan Partai Nasdem Muaraenim,  Anendia melanjutkan pengobatan di RSMH Palembang atas rujukan RS HM Rabain Muaraenim, “Karena di rumah sakit di Muaraenim tidak ada alatnya untuk operasi lanjutan sehingga dibawa ke Palembang,” katanya.
    Rini berharap anaknya tersebut cepat sembuh dan kembali normal seperti anak-anak yang lain. Kalau lihat dia seperti ini saya selalu sedih,” katanya dengan lirih.
    Selama ini, menurut Rini, anaknya tersebut terkait makan tidak ada masalah karena masih mengomsumsi Air Susu Ibu (ASI).
    Penderitaan yang dialami  Bayi Anendia Andara membuat dua orang anggota DPRD Sumsel, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumsel Didi Epriadi dan anggota Fraksi Nasdem DPRD Sumsel Arwani Awan didampingi Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Muaraenim, Endang Suparmono  bersimpati dan sempat menjenguk Anendia Andara dan membantu pengobatan di RSMH Palembang, Senin (24/8).
    Menurut Didi, tanggal 1 September nanti akan dilakukan pemeriksaan ulang terhadap bayi Anendia Andara,  setelah itu baru dokter di RSMH akan melakukan tindak lanjut terhadap bayi Anendia Andara.
    “Kita  serahkan semuanya kepada pihak RSMH, tetap dipantau, yang pasti  Anendia Andara diobati hingga tuntas dan yang pasti kami dari Partai Nasdem bersinergi dalam membantu  Anendia Andara bersama Jamsoskes Sumsel Semesta,” katanya. #osk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sumsel Dapat Bantuan Lima Unit Bus Air

Palembang, BP Lima unit bus air dioperasikan di Sungai Musi untuk melayani para tamu yang ingin berwisata menikmati keindahan Kota ...