Home / Sumsel / Musi Banyuasin / Muba Siaga Bencana Asap Hingga Oktober 2015

Muba Siaga Bencana Asap Hingga Oktober 2015

 

Sekayu, BP
Kebakaran lahan gambut yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang terdapat di Kecamatan Bayung Lencir saat ini sudah mulai menurun. Hal tersebut setelah dilakukan pemantauan dari satelit terra dan aqua, yang menunjukkan titik api sudah menurun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, Drs Syafarudin, mengatakan titik hotspot yang berada di Muba, tepatnya di Kecamatan Bayung Lencir sudah mengalami penurunan secara berangsur. Titik api atau hotspot tersebut sebagian besar disebabkan pembukaan lahan warga yang sengaja di bakar.

“Saat ini kesadaran dari masyarakat dan perusahaan tentang larangan membakar hutan dan lahan sudah menurun. Karena dari pantuan kita titik hotspot sudah mulai menurun, karena telah dilakukannya sosialisasi mengenai larangan pembakaran lahan dan hutan,” kata Syafarudin, Minggu (23/8).

Walaupun kesadaran masyarakat telah cukup baik, namun perkembangan hotspot pada daerah bayung lincir masih mengalami fkuktuasi naik dan turun. “Kita telah menerjunkan tim untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tim pemadaman melalui darat sudah bergerak cepat dan mendirikan posko dibeberapa titik yang dinilai rawan hotspot,” ungkapnya.

Muncul dan hilangnya titik api tersebut, yang dipantau melalui setelit belum tentu titik api. “Seperti di Desa Mendis disana terdapat banyak usaha milik warga yang membuat batu bata dari tanah liat dengan cara dibakar melalui tungku. Jadi tungku-tungku tersebut yang menimbulkan panas, yang dipantai melalui satelit sebagai titik api,” jelasnya.#arf

x

Jangan Lewatkan

Jadi Ketua Tikor Bansos Pangan, Sekda Muba Pastikan Penyaluran Tepat Waktu

Jakarta, BP–Terhitung Januari 2018 Program Subsidi Beras (Rastra) berubah nama menjadi Bantuan Sosial Rastra (Bansos Rastra) dan Bansos Rastra akan ...