Home / Headline / Kuliah Gratis Diluncurkan

Kuliah Gratis Diluncurkan

  • Pertama di Indonesia, Anggaran Awal Rp50 M
    20150822_164155
    Palembang, BP
    Gubernur Sumsel H Alex Noerdin meluncurkan program kuliah gratis yang akan diselenggarakan mulai tahun ajaran ini. Program pendidikan gratis hingga jenjang perguruan tinggi ini merupakan yang pertama diselenggarakan pemerintah provinsi di Indonesia.Dengan ini, Alex bersama Wakil Gubernur H Ishak Mekki menepati janji kampanyenya dua tahun silam. Alex mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dialokasikan untuk program ini sebesar Rp50 miliar untuk awal, dan akan terus bertambah seiring dengan waktu.”Kita tidak menetapkan secara pasti berapa mahasiswa yang akan mendapatkan program kuliah gratis ini, namun akan disesuaikan dengan anggaran awal terlebih dahulu dan kedepannya anggaran akan ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” tuturnya usai peluncuran di Palembang Sport & Convention Center, Sabtu (22/8).

    Ada tiga kriteria umum agar bisa mendapatkan program kuliah gratis ini. Calon mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu secara finansial, lulus seleksi masuk, serta bukan perokok aktif. Dengan digulirkannya sekolah gratis sampai sarjana ini, Alex berharap semua anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat mengakses pendidikan secara maksimal.

    “Tidak ada alasan bagi masyarakat Sumsel untuk tidak sekolah dan mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Semua biaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan akademis sudah disiapkan. Semua ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Sumsel,” tutur Alex.

    Pemerintah Provinsi Sumsel menggandeng Universitas di Korea Jeonju University dan Nanjing Polytechnich Institute Tiongkok untuk menjalankan program kuliah gratis agar program ini benar-benar menghasilkan sarjana yang handal.

    Sementara perguruan tinggi dalam negeri yang akan mendukung program kuliah gratis pada tahap awal ini diantaranya Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dan Politeknik Sriwijaya, serta UIN Syarif Hidayatulah, Jakarta.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelantikan Ketua DPRD Sumsel Tunggu SK Kemendagri

Palembang, BP Kapan pelantikan Ketua DPRD Sumsel belum dapat dipastikan. Pasalnya hingga kini, sekretaris DPRD Sumsel belum menerima Surat Keputusan ...