Home / Sumsel / Banyuasin / Wabup Supriono: Pangkalan Balai Harus Jadi Kecamatan Kota

Wabup Supriono: Pangkalan Balai Harus Jadi Kecamatan Kota

Banyuasin, BP
Sudah 13 tahun Pangkalan Balai dinobatkan menjadi ibu kota Banyuasin. Tapi dari segi infrastruktur dan pengelolaan, Pangkalan Balai masih seperti desa kebanyakan. “Untuk mempercepat pembangunan di Pangkalan Balai sebagai ibu kota kabupaten, perlu dilakukan perubahan administrasi . Pangkalan Balai segera  menjadi kecamatan kota,” tegas Wakil bupati Banyuasin SA Supriono, Jumat (21/8) pasa silaturahim Angkatan Muda Banyuasin di aulua SMA 1 Pangkalan balai.
Selama ini, Pangkalan Balai masih merupakan bagian dari kecamatan Banyuasin III yang mencakup belasan desa/kelurahan. Artinya pembagian anggaran untuk pembangunan mesti proporsional dengan desa/kelurahan di kecamatan itu. “Bila Pangkalan Balai telah menjadi kecamatan kota, alokasi anggaran untuk pembangunan bisa lebih fokus dan lebih banyak dibanding kecamatan lain,” tuturnya.
Seperti diketahui, kawasan ibu kota Pangkalan Balai nyaris sama dengan desa-desa lain di Banyuasin. Yang membedakan hanya, komplek perkantoran berada di Pangkalan Balai. Sementara Fasiltas lain, seperti sarana belanja, hiburan pembangunan dan tata kota belum mencirikan sebagai pusat kabupaten Banyuasin. “Bahkan ketika ada kunjungan dari pemerintah daerah lain. Sering sekali ditanyakan, kota Pangkalan Balai itu dimana?. Ini menunjukkan kalau Pangkalan Balai belum punya ciri sebagai ibu kota kabupaten,” jelasnya.
Supriono melanjutkan, bila dibandingkan dengan Sekayu sebagai ibu kota Muba. Sekayu memiliki wilayah yang lebih rumit, memanjang dari perbatas Betung sampai ke arah ibu kota.  Sudah berapa generasi hal itu tidak berubah. “Baru pada era Alex noerdin sekayu mulai kelihatan seperti kota. Setelah sejumlah sarana dibangun dan dibangun, mulai dari tempat olahraga, hiburan  dan ditata layaknya ibu kota kabupaten,” jelasnya.
Artinya, Pangkalan Balai yang lokasinya diapit oleh Jalan Lingkar dan Jalan Lintas Timur ini, sangat memungkinkan untuk dipercantik sesuai predikatnya sebagai ibu kota kabupaten. “Bahkan, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan, Pangkalan Balai bisa mendapat Adipura. Itu mesti dirintis dari sekarang,” katanya.
Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah mengajukan permohonan ke dewan dan pemerintahan baik di tingkat Provinsi maupun tingkat pusat. Agar status Administrasi Pangkalan Balai ditingkatkan menjadi Kecamatan kota. “Sekarang masih menunggu proses, saya harap pihak legislatif juga optimal memperjuangkan ini,” katanya. #mew
x

Jangan Lewatkan

Ingin Jadi Karyawan Ale-ale, 6 Pencaker Ditipu Puluhan Juta

Foto: Mewan Haqulana Banyuasin, BP–Niat hati ingin mendapat gaji bulanan dengan menjadi karyawan PT Alam Perkasa Lestari (APL), produsen minuman ...