Home / Pendidikan / Pembukaan Pekan Budaya Libatkan Ribuan Pelajar

Pembukaan Pekan Budaya Libatkan Ribuan Pelajar

Palembang, BP

kepala-dinas-pendidikan-provinsi-sumsel-widodo-300x168Hari pertama pembukaan Pekan Budaya Pelajar 2015 yang diselengarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di gedung Palembang Sport Convention Center (PSCC) 19-22 Agustus, akan diisi perlombaan musik etnik pelajar serta lomba masakan tradisional. Sekitar 2.000 pelajar dari 80 sekolah akan meramaikan kegiatan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo, MPd, mengatakan, ajang pekan budaya ini sebagai tempat untuk menumbuhkan semangat kreativitas pelajar Sumsel, terutama dalam menjaga seni di daerah setempat.

“Kami ingin menghidupkan kembali kegiatan seni budaya di jiwa pelajar dan masyarakat, agar kebudayaan dapat lestari dan berkembang,” kata Widodo usai Pembukaan Pekan Budaya Pelajar 2015, Kamis (20/8).

Ia menjelaskan, pada pekan budaya kali ini akan diisi berbagai perlombaan di antaranya lomba tari kreasi daerah, lomba modifikasi pakaian adat, lomba fashion karnaval, lomba masakan tradisional, pameran karya seni SMA/ SMK se-Sumsel serta karnaval anak dan pelajar utusan Himpaudi dan IGTK, SD, SMP/ MTs, dan SMA/ SMK Se-Sumsel.

“Untuk hari pertama ini diperlombakan musik etnik. Setiap peserta mampu membawa permainan musik tradisional serta balutan pakaian khas kabupaten masing-masing. Peserta menampilkan keahlian mereka dalam menyanyikan lagu daerah dengan logat daerahnya. Sedangkan untuk perlombaan makanan tradisional pun sama, setiap stand kuliner menyuguhkan beragam makanan khas Sumsel yang bisa dimakan secara gratis oleh pengujung yang datang,” ujarnya.

Widodo menambahkan, untuk karnaval sendiri akan dilakukan pada 22 Agustus, dengan mengambil start dari Kantor Gubernur kemudian finish di PSCC. Acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan tamu undangan seperti Walikota dan Bupati di Sumsel. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota mengapresiasi seni kebudayaan di kalangan sehingga mampu membuat pelajar bisa ikut berkompetisi.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...