Home / Hukum / Masih Labil, Pelajar Rentan Gabung Komplotan Begal

Masih Labil, Pelajar Rentan Gabung Komplotan Begal

Palembang, BP

BP/RIO ADI PRATAMA BEGAL-Sejumlah pelajar yang diduga terlibat aksi begal saat diamankan petugas, di Mapolsek Kemuning Palembang, Kamis (20/8).

BP/RIO ADI PRATAMA
BEGAL-Sejumlah pelajar yang diduga terlibat aksi begal saat diamankan petugas, di Mapolsek Kemuning Palembang, Kamis (20/8).

Setelah dilakukan pengembangan terhadap tersangka Muhammad Fazriyansah (14), seorang bocah SMP Negeri 26 Palembang, akhirnya petugas Polsek Kemuning Palembang kembali mengamankan enam bocah yang rata-rata masih pelajar SMP, Kamis (20/8), sekitar pukul 00.30.

Keenam bocah yang diamankan petugas adalah M Agung Putra (15), M Yoko (15), Rafli (14) dan Revansyah (15). Sedangkan dua bocah lagi ternyata perempuan yakni Tami (14) dan Cikbo (15). Meski tidak ditahan di sel layaknya para pelaku kejahatan lainnya, namun petugas menyatakan tetap akan memproses keenam bocah ini.

Menurut keterangan Agung, warga Jalan R Soekamto, Lorong Rawa Bening, RT 02 RW 01, Kelurahan Pipa Reja, Kecamatan Kemuning Palembang, ia tidak pernah melakukan aksi penganiayaan atau perampasan sepeda motor terhadap korban bernama Oktavian (17), warga Jalan Perindustrian II Sukadamai, Kecamatan Sukarami Palembang.

“Memang saya dan teman-teman keluar malam itu, tetapi kami hanya mengikuti dari belakang. Jadi sama sekali tidak ikut melakukan aksi pembegalan tersebut Pak,” ujar pelajar di SMP Negeri 26 Palembang, saat diamankan di Mapolsek Kemuning Palembang.

Sementara itu, Tami yang merupakan warga Jalan Raden Satar Palembang mengaku, ia yang ikut diamankan petugas hanya ikut rombongan sepeda motor Jomblo Keren (Joker) itu untuk merayakan ulang tahun Joker di kawasan KM 5 Palembang.

“Memang keluar, sudah izin dengan orangtua ingin menginap di rumah kawan saat itu. Jadi sebelumnya kami merayakan ultah Joker, sedangkan yang aksi begal itu kami sama sekali tidak ikut dan tidak tahu apa-apa Pak,” jelas siswi SMP Negeri 43 Palembang ini.

Terpisah, Kapolsek Kemuning Palembang AKP Handoko Sanjaya menjelaskan, keenam bocah ini berhasil diamankan setelah dilakukan pengembangan dari rekannya yang berhasil diamankan terlebih dahulu oleh petugas.

“Saat ini kami telah mengamankan sebanyak sembilan orang termasuk dua diantaraya yang telah diserahkan ke Mapolsek Sukarami Palembang guna dilakukan pengembangan di sana,” kata Handoko.

Masih dikatakan Handoko, mereka yang diamankan ini nanti akan diperiksa lebih lanjut apakah terlibat tindak pidana lainnya. Jika tidak, maka mereka akan diberi surat pernyataan yang diketahui oleh orangtua masing-masing.

“Namun, jika terlibat akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Jadi saat ini mereka akan dibina terlebih dahulu sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi. Selain itu, kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak sekolah mereka masing-masing,” tutur Handoko.

#rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bentrok Antar-Timses Paslon, 1 Tewas Ditembak

Palembang, BP–Bentrokan terjadi antartim sukses pasang calon bupati-wakil bupati Empatlawang di Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi, Empatlawang, Selasa (12/6) ...