Home / Pendidikan / Siswa Kumbang Tanamkan Jiwa Wirausaha

Siswa Kumbang Tanamkan Jiwa Wirausaha

Palembang, BP

stanMeski perayaan Hari Kemerdekaan sudah lewat, namun semarak akan perayaan dan semangat kemerdekaan masih terasa di lingkungan sekolah Kusuma Bangsa (Kumbang) Palembang. Di sekolah ini, pihak sekolah baru memulai beragam kegiatan perlombaan bernuansa 17 Agustus.

Sebut saja perlombaan seperti tarik tambang, pecah balon, ambil koin di buah kelapa, hingga perlombaan seni berupa konser bernyanyi dan drama menghiasi kemeriahan kegiatan tersebut. Selain itu pula, hal yang menarik dari perayaan 17 Agustus di lingkungan Sekolah Kumbang, adalah pembukaan stan penjual makanan yang dikomandoi langsung oleh siswa.

Dalam setiap stan ini, para siswa menghias stan mereka masing masing dengan berbagai tema yang unik. Mulai dari tema perjuangan di mana siswa memakai pakaian ala prajurit zaman dahulu. Kemudian tema perdesaan dengan siswa yang memakai baju kebaya khas gadis pedesaan, hingga stand dengan tema otomotif. Untuk makanan yang dijual dibuat semenarik mungkin misalnya ayam berdarah ataupun kacang penjajah.

Salah satu siswa Kelas XII IPS V Elsandra yang memilih tema bajak laut menuturkan, bahwa alasan kelasnya memilih tema bajak laut dikarenakan sebelum kemerdekaan khususnya jaman kerajaan, bajak laut memiliki peranan penting dalam membantu menghalau orang asing yang datang ke Indonesia.

“Kalau untuk makanan semua hasil kreativitas teman teman satu kelas dan pemberian namanya semua kesepakatan bersama,” terangnya, Rabu (19/8).

Elsandra mengatakan, untuk harapan bagi negara tercinta terutama dalam semangat kemerdekaan dapat mampu lebih maju. Kepada pemerintah dituntut bisa lebih memajukan kesejahetaraan rakyatnya agar semua bisa hidup dengan layak dan baik.

“Semoga Indoneisa bisa makin jaya ke depan, tidak ada konflik ataupun bencana yang melanda negeri inisehingga rakyat bisa hidup dengan damai,” bebernya.

Sementara itu, Perwakilan dari pihak Sekolah Kumbang sekaligus Kepala Sekolah SMP Kumbang Agus Supriyanto mengatakan, rangkaian kegiatan perlombaan hari ini untuk menyambut dan memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

“Kami adakan khusus dengan tujuan untuk memeriahkan dan menyambut hari kemerdekan meskipun perayaan sudah berlalu, namun semangat harus tetap berkobar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam perayaan Hari Kemerdekaan ini diramaikan dengan beragam perlombaan, di mana setiap kegiatan perlombaan ini ditujukan untuk membangkitkan rasa kreativitas sang anak didik. Selain itu, dapat membuat rasa kebersaman dan sportivitas siswa lebih erat dengan perlombaan yang ada.

“Semua ide perlombaan para siswa yang ajukan, di mana setiap kelas melalui wali kelasnya menyarankan satu perlombaan. Khusus untuk perlombana stan makanan untuk siswa SMP dan SMA semuanya siswa sendiri yang pilih mau apa. Kita hanya menilai siapa yang terbaik dari semuanya, di mana pemenang akan kita berikan sebuah reward hadiah,” tandasnya.

#adk

 

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...