Home / Sumsel / Pj Bupati 5 Daerah Dilantik 24 Agustus

Pj Bupati 5 Daerah Dilantik 24 Agustus

Palembang, BP
Lima kabupaten di Sumsel yang tahun ini menggelar pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember mendatang, masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir pada 22 Agustus. Namun Pemerintah Provinsi Sumsel menjadwalkan pelantikan penjabat (pj) bupati lima daerah tersebut ditunda hingga 24 Agustus mendatang.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel Drs Ikhwanuddin menjelaskan, meski masa jabatan kepala daerah habis pada 22 Agustus, hari tersebut merupakan hari libur. Sementara pelantikan tidak bisa dilakukan pada hari libur.

“Kami sudah menjadwalkan pelantikan kelima Penjabat Bupati pada 24 Agustus. Namun ini masih belum pasti karena surat keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri belum turun,” ujarnya, Selasa (18/8).

Ikhwan menjelaskan, pihaknya besok akan menugaskan Kepala Biro Otonomi Daerah untuk menjemput SK tersebut ke Jakarta. Sehingga kepastian jadwal pelantikan akan didapatkan setelah SK diterima oleh Pemprov Sumsel.

Lima daerah yang kepala daerahnya akan digantikan oleh pj bupati pada masa pilkada serentak adalah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, OKU Selatan, OKU Timur, dan Musirawas.

Ia menjelaskan, pj bupati akan menjalankan fungsi dan kewajiban kerja bupati saat pilkada berjalan, hingga terpilih dan dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih dari pilkada.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin membenarkan penundaan pelantikan dengan alasan hari libur kerja tersebut. Jika ada kegiatan pemerintahan dan kedinasan bupati selama dua hari masa kosong dari 22-24 Agustus tersebut, sekda dari masing-masing kabupaten akan menjadi pelaksana harian (plh) menggantikan kekosongan pucuk pemerintahan.

“Selama dua hari saja sekda akan merangkap plh. Jadi kalau ada tugas kedinasan bupati meski di hari libur, digantikan dulu oleh sekda,” ujar Alex.
Untuk siapa saja pejabat PNS Pemprov Sumsel yang akan menjadi pj bupati lima daerah tersebut, Alex masih merahasiakan nama-namanya.

Sebelumnya tersiar kabar bahwa lima pejabat eselon II Pemprov Sumsel yang akan dilantik Gubernur adalah Riki Djunaidi yang saat ini menjabat Kasatpol PP Sumsel, Richard Chahyadi yang kini menjabat Kepala Badan Kesbangpol, Kepala BPBD Sumsel Yulizar Dinoto, Kepala Biro Perlengkapan dan Umum Pemprov Sumsel Robby Kurniawan, dan Kepala BP3MD Maulan Aklil. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...