Home / Headline / Bangun Rusunawa JSC, Keseriusan Sambut Asian Games

Bangun Rusunawa JSC, Keseriusan Sambut Asian Games

BP/ARRACHIM GROUND BREAKING RUSUNAWA-Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat meninjau Ground Breaking pembangunan Rusunawa diKomplek Jakbaring Sport City Palembang, Selasa (28/8)

BP/ARRACHIM
GROUND BREAKING RUSUNAWA-Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa di Komplek Jakabaring Sport City Palembang, Selasa (28/8).

 Palembang, BP

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan rumah susun sewa di Jakabaring Sport City.

Rusunawa yang dibangun di samping wisma atlet tersebut akan diperuntukkan bagi para atlet Asian Games 2018.

“Ini merupakan salah satu keseriusan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pembangunan rusunawa ini kita targetkan selesai pada Desember 2015,” ujar Alex Noerdin usai meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa Jakabaring Sport City (JSC), Selasa (18/8).

Rusunawa dengan konsep apartemen ini, sambung dia, akan dibangun dengan tiga tower berjumlah lima lantai berkapasitas 198 unit rumah tipe 36.

Dikatakan Alex, selain untuk hunian atlet, Rusunawa Jakabaring Sport City juga akan digunakan untuk hunian para pekerja dan buruh. Pembangunan rusunawa ini baru tahap pertama dan akan kembali diajukan oleh pihak Kemenpera dengan tujuh tower. Pasalnya, lahan seluas 352 hektar yang ada di kawasan Jakabaring Sport City baru terpakai 50 persen atau sekitar 160 hektar.

“Ya saat ini Kemenpera baru membangun lima tower. Satu di sini (JSC – red), satu di Pagaralam, satu masih direncanakan, dan ke depan kita akan mengajukan sampai delapan tower,” ujar Alex.

Ia merencanakan, usai digunakan untuk hunian para atlet, rusunawa ini akan digunakan untuk tempat tinggal mahasiswa Institut Olahraga Indonesia dan Sekolah Tinggi Pariwisata yang akan segera dioperasikan di Palembang.

“Jadi insha Allah kita Sumatera Selatan siap menghadapi Asian Games 2018 sebagai tuan rumah. Dan kita terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur demi suksesnya Asian Games nanti di Sumatera Selatan,” kata Alex.

Sementara itu, Direktur Kemenpera RI Chris Robert Pasunan Marbun, dalam kesempatan yang sama, mengatakan, pembangunan rusunawa ini bertujuan memberikan hunian layak bagi pekerja dan buruh di kota Palembang. Tahun ini Kemenpera membantu pembangunan rusunawa di Sumsel sebanyak lima tower, di antaranya tiga di JSC, satu di Pagaralam, dan satunya masih direncanakan.

“Selain bagi para pekerja dan buruh, rusunawa ini juga untuk kebutuhan hunian bagi para atlet pada saat Asian Games 2018 nanti. Kalau untuk tiga tower ini saja sekitar Rp53 miliar. Mudah-mudahan konsep rusunawa dengan konsep apartemen ini bisa kita bangun lagi nanti,” ujar Chris Robert Pasunan Marbun.

Tak hanya rusunawa menuju Asian Games, fasilitas olahraga di Sumatera Selatan terus diperluas. Sebut saja fasilitas olahraga yang direnovasi, antara lain kapasitas tempat duduk Stadion Utama Jakabaring dari 40 ribu menjadi 60 ribu penonton.

Stadion atletik dari 2.000 menjadi 6.000, lapangan tembak dari 30 line menjadi 80 line, stadion polo air dengan kapasitas 3.300 yang berdekatan dengan stadion akuatik dengan 10 line berstandar FINA.

Pelaksanaan ground breaking pembangunan tower Rusunawa tersebut, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Mukti Sulaiman, para staf ahli, para asisten, kadis, kaban, karo dan kasat di lingkungan Pemprov Sumsel beserta pejabat eselon III.

Dari pantauan setidaknya telah dipersiapkan tiga alat berat yang digunakan untuk menanamkan paku bumi sebagai fondasi atas bangunan yang memiliki tinggi lima lantai. #sug

x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...