Home / Pendidikan / Perokok Tak Dapat Kuliah Gratis

Perokok Tak Dapat Kuliah Gratis

Palembang, BP

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan menetapkan sejumlah persyaratan untuk mahasiswa penerima program kuliah gratis, yang akan diluncurkan pada 22 Agustus mendatang. Selain wajib memenuhi persyaratan akademis, mahasiswa penerima juga bukan perokok aktif.

“Kami mencari yang berprestasi, benar-benar tidak mampu, dan tidak merokok. Kenapa harus bukan perokok? Sebab bantuan kuliah yang diberikan itu bukan untuk foya-foya,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo.

Dikatakan, kuliah gratis bersifat bantuan. Untuk menerimanya secara cuma-cuma tentu harus melewati seleksi ketat dari pihak perguruan tinggi. Jika sesuai syarat, mahasiswa penerima akan mendapatkan fasilitas bebas biaya SPP yang terintegrasi di uang kuliah tunggal (UKT) sesuai program studi masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup (uang saku) dan asrama.

“Dengan adanya bantuan biaya hidup sekitar Rp300.000-Rp400.000 perbulan, diharapkan mahasiswa bisa mandiri. Dia harus bisa mengatur uang yang diberikan,” ujarnya.

Jelang peluncuran, Widodo mengatakan, pihaknya saat ini masih menginput data usulan mahasiswa penerima program kuliah gratis dari perguruan tinggi negeri. Setelah itu, akan dilakukan verifikasi ke setiap individu mahasiswa tersebut agar sasaran utama penerima benar-benar sesuai syarat. Untuk tahap awal ini, Disdik Sumsel menyediakan kuota 2.000 mahasiswa. O adk

 

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...