Home / Bisnis / Pasar Kuto Mendadak Sepi Transaksi

Pasar Kuto Mendadak Sepi Transaksi

 

Jpeg

Salah satu los Pasar Kuto yang tutup.

Palembang, BP
Kondisi Pasar Kuto pada Jumat (14/8) pagi mendadak sepi pedagang dan pembeli. Sebagian besar pedagang mogok berjualan untuk melakukan aksi demo menolak rencana renovasi yang akan dilakukan oleh pihak swasta.

Pantauan BeritaPagi, sekitar 95% kios dagangan di dalam Pasar Kuto Lama sudah tutup sejak pagi. Para pedagang yang menolak renovasi pasar kuto sudah berkumpul sejak pagi untuk bersama-sama menyampaikan unjuk rasa kepada pemerintah dengan mendatangi kantor DPRD Kota Palembang.

Meskipun sebagian besar kios banyak yang tutup, masih ada beberapa kios yang berjualan. Seperti kios perabotan plastik, kios ikan, dan kios daging.

Pengakuan dari salah satu pekerja kios ikan, Arif menjelaskan, tidak ikut demo ke kantor DPRD kota karena dirinya masih tetap harus berjualan berdasarkan perintah dari bos. “Kami kan pegawai dek, tadi yang ikut demo langsung bos kami. Kalau seperti kami ini ikut saja apa perintah bos,” ujar Arif saat ditanyai BeritaPagi, Jumat pagi.

Dikatakannya, rencana renovasi Pasar Kuto memang sudah lama terdengar. “Cuma sampai saat ini belum tahu kapan akan dilakukan realisasinya,” tuturnya.

Tanggapan tentang renovasi pasar, diakui Arif, banyak yang tidak setuju dengan rencana tersebut, apalagi pengelolah pasar menjadi milik swasta. “Kalau diambil alih swasta kan otomatis semuanya berubah saat direnovasi, kami juga harus membuat lagi surat usaha yang baru butuh uang tambahan lagi,” ungkapnya.

Yurita, salah satu pengunjung Pasar Kuto Palembang mengatakan, terkejut dengan aksi para pedagang yang mogok berjualan. “Saya belum tahu kalau bakal sepi seperti ini. Terpaksa ini saya harus belanja di pasar lain,” katanya.

Ditanya soal rencana renovasi pasar kuto, ia menanggapi, rencana tersebut bagus untuk mempercantik pasar tradisional. “Tetapi jangan juga renovasi tersebut sampai membuat para pedagang merasa dirugikan. Harus sama-sama diuntungkan,” tandasnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

Palembang, BP KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan ...