Home / Pendidikan / Palembang Minim Prestasi Olimpiade Sains

Palembang Minim Prestasi Olimpiade Sains

Palembang, BP

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, akan menyiapkan pembinaan khusus kepada pelajar berprestasi untuk menghadapi olimpiade sains. Rencana ini diperlukan karena masih minimnya prestasi siswa dalam ajang bergengsi tersebut.

“Selama ini siswa dibina secara intensif kalau sudah menjelang lomba. Padahal butuh prestasi besar, karena itu konsepnya harus ada pembinaan rutin. Ibarat olimpiade olahraga tinju yang masa latihannya panjang,” ungkap Kepala Disdikpora Kota Palembang Ahmad Zulinto, usai menghadiri pengukuhan siswa baru SMAN 1 Palembang, Kamis (13/8).

Dia menjelaskan, untuk langkah awal, pihaknya akan meminta setiap SMA Negeri di Palembang mengirimkan anak-anak didik terbaik dalam bidang sains. Selanjutnya dilakukan seleksi antar sekolah untuk menjaring 20 terbaik. Ke-20 siswa inilah yang akan dibina dan diasah kemampuan sains.

“Lokasi pembinaannya di sekolah yang ditunjuk. Misalnya, untuk matematika di SMAN 1 dan fisika di SMAN 17,” ujarnya.

Zulinto meyakinkan, rencana ini bisa melahirkan calon juara olimpiade sains dari Kota Palembang. Pihaknya akan membuat surat edaran dan membentuk tim untuk teknis pembinaan setiap mata pelajaran sains. Terkait guru pembina bisa dari tenaga pendidik di lingkungan Disdikpora Palembang sendiri ataupun dari perguruan tinggi.

“Guru juga kami minta tingkatkan kompetensi akademiknya untuk mendukung rencana ini. Soal honor pembinaan bisa dari dana BOS. Inilah pentingnya transparansi dana BOS,” ujar dia.

Dia juga menyayangkan sekolah-sekolah unggulan seperti SMAN 1 Palembang belum bisa melahirkan juara olimpiade sains. Selain rencana tersebut, Zulinto berharap sekolah dapat mempelajari kendala bersaing anak didik secara mendalam.

“Biasanya yang menjadi juara selalu sekolah dari daerah di DKI, Jatim, Jabar. Untuk ke depan kita yang harus juara,” pungkasnya.

#adk

 

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...