Home / Headline / PT DNS di Muratara Kembali Bergejolak

PT DNS di Muratara Kembali Bergejolak

IMG_20150811_211327

Muratara, BP

PT DNS yang berada di Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Selasa (11/8) pukul 18.45, kembali bergejolak. Sejumlah warga yang mendatanginya bentrok dengan petugas keamanan yang dikerahkan perusahaan penambangan itu.

Bentrokan ini diduga dipicu penangkapan terhadap warga masyarakat sore hari sebelumnya, dan kondisi mulai tidak kondusip sejak pukul 18.30.
“Benar, kembali bentrok antara masyarakat dan penjaga PT DNS,” ungkap Kades Sukamenang Anang Sari dsst dihubungi melalui sambungan telepon semalam.

Anang Sari mengaku sejauh ini dirinya belum mengetahui dengan jelas pemicu terjadinya bentrok tersebut. Tetapi dari laporan masyarakat ia mengetahui ada pembaran material milik PT DNS oleh warga.

Sementara salah satu warga Desa Suka Menang, Nur (45), mengatakan, informasi yang didapatnya di lokasi terjadinya bentrok bermula dari adanya penangkapan, lalu terjadi baku tembak dan pembakaran.

“Di sana telah terjadi tembakan, bahkan ada yang kena tumbur mobil serta pembakaran, namun untuk korban kita belum tahu pasti karena lokasin kejadian di dalam,” ungkap Nur.

Informasi yang dihimpun di lapangan, terjadinya bentrok tersebut berawal dari penangkapan warga Sukamenang bernama Johan dan anaknya, Ateng, yang sebelumnya datang ke PT DNS untuk mengurus lahan yang belum diganti rugi.

Kemudian Aparat  Musirawas melakukan penindakan penangkapan, yang membuat masyarakat tidak terima atas tindakan tersebut. Lalu masyarakat konfirmasi ke perusahaan tapi tidak mendapat jawaban apapun.

Dengan adanya informasi simpang siur tersebut masyarakat bergerak ke lokasi tambang namun ada perlawanan dari pihak aparat sehingga terjadilah bentrok amuk masa dan terjadi pembakaran aset-aset perusahaan.

Untuk di lokasi bahkan adanya warga yang ditahan oleh pihak kepolisian 7 orang sementara dari isiden tersebut terdapat luka-luka dan ada juga warga yang ditabrak.(Wan)

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...