Home / Sumsel / Pembangunan OI dan OKI Bisa Susul Daerah Lain

Pembangunan OI dan OKI Bisa Susul Daerah Lain

Palembang, BP
Perkembangan dan pertumbuhan pembangunan Sumatera Selatan dinilai sukse dengan peningkatan Indeks Prestasi Manusia, penambahan sejumlah infrastruktur, serta pendidikan yang semakin merata. Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir dinilai masih menyimpan potensi yang bisa diberdayakan lebih daripada sekarang.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, perkembangan baik ini memerlukan kerja sama berbagai pihak tak terkecuali masyarakat agar bisa lebih baik lagi.

Saat ini, Sumsel bisa menjadi provinsi yang namanya tidak hanya kesohor di Indonesia, namun juga di mancanegara. “Kita bangga harus menjadi warga Sumsel karena kita tidak kalah dengan provinsi lain yang sudah lebih maju. Kita lanjutkan dan bekerja lebih baik lagi agar bisa mendapatkan pencapaian yang lebih baik,” tuturnya saat halal bi halal bersama masyarakat OI dan OKI di Griya Agung, Rabu (12/8).

Ia mengatakan, Ogan Olir merupakan kabupaten terdekat dari Palembang. Posisinya yang berdekatan tersebut akan menjadikan OI sebagai daerah penyangga Palembang dan harus sama-sama maju.

“Pembangunan di OI harus bisa mengikuti Palembang karena merupakan daerah penyangga. Kalau sekarang kita lihat Palembang begitu gemerlang, sedangkan di OI masih banyak kekumuhan. Ini tentu sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Apalagi, saat ini tengah ada pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Palembang-Inderalaya yang akan memicu pertumbuhan ekonomi di OI. Ia berharap dalam pilkada mendatang, masyarakat OI dapat memilih pemimpin yang tepat, memiliki visi yang baik, dan bisa menjadi salah satu daerah selain Palembang di Sumsel yang berkembang pesat.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu program terbaik Pemprov Sumsel adalah pendidikan gratis yang kini hingga tingkat perguruan tinggi. Secara nasional, ia menjelaskan, Gubernur Sumsel H Alex Noerdinlah yang menjadi pencetus pendidikan gratis saat beliau masih menjadi Bupati Musi Banyuasin.

“Sekarang, pemerintah pusat mengaplikasikan pendidikan gratis atas dasar ide Pak Gubernur. Beliau memiliki ide yang jauh ke depan hingga bisa seperti itu,” jelasnya.

Pencapaian lain Sumsel adalah tegaknya Jakabaring Sport City (JSC). JSC hingga kini menjadi magnet pertumbuhan ekonomi Sumsel. Karena JSC inilah banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di Sumsel.

Dibandingkan dengan sebelum ada JSC, Ishak bertutur, kini Palembang sudah lebih banyak memiliki hotel, mal, restoran, dan penambahan penerbangan dari banyak kota dan mancanegara langsung dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

“Pembangunan dalam segi agama pun dilakukan. Asrama haji semakin kita lengkapi, dan kedepannya akan ada pembangunan Mesjid Sriwijaya,Islamic Center, serta UIN Raden Fatah yang diproyeksi selesai sebelum Asian Games diselenggarakan,” tutur Ishak.

Ia pun menegaskan bahwa Asian Games bukan sekedar hura-hura, namun dampak pembangunan infrastrukturnya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Saya yakin kita akan lebih berhasil karena kita berpengalaman menyelenggarakan event-event sebelumnya,” tandasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...